PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN MUARA MUNTAI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA ( Rizqi Amalia Agustina)
September 13, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Sep 13, 2019 @ 10:10 AM
IP: 180.248.85.2
- 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT PADA PEMBUATAN E-KTP DI KANTOR KECAMATAN MUARA MUNTAI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rizqi Amalia Agustina
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat.
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Muara Muntai Kabupaten Kutai Kartanegara. Jenis penelitian ini ialah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Kecamatan Muara Muntai yang dibagi menjadi dua desa yang sudah menpunyai E-KTP dan berjumlah 691 orang. Penentuan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel penelitian sebesar 87 orang. Analisis data menggunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan metode analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP adalah positif, dimana hasil koefisien korelasi (r) nya sebesar 0,878, artinya bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara kualitas pelayanan dan kepuasan masyarakat. Analisis regresi sederhana menunjukkan setiap perubahan nilai kualitas pelayanan maka kepuasan masyarakat akan mengalami perubahan sebesar 0,630. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh hasil 0,771 , maka dapat dikatakan pengaruh kualitas pelayanan sebesar 77,1 % terhadap kepuasan masyarakat pada pembuatan E-KTP di Kantor Kecamatan Muara Muntai. Sedangkan sisanya 22,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S dan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2971
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal