FUNGSI KOMUNIKASI PARIWISATA PADA KELOMPOK SADAR WISATA DI TELUK SERIBU DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA BAHARI MANGGAR BARU (Muhammad Razzaq,Nur Fitriyah,Muhammad Faisal )

August 5, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Aug 5, 2019 @ 9:22 AM
IP: 114.125.198.189

  • 1. Title [Judul]: FUNGSI KOMUNIKASI PARIWISATA PADA KELOMPOK SADAR WISATA DI TELUK SERIBU DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA BAHARI MANGGAR BARU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Muhammad Razzaq,Nur Fitriyah,Muhammad Faisal
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi, Pariwisata, Kelompok Sadar Wisata
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fungsi komunikasi pariwisata yang direncakan oleh kelompok sadar wisata di teluk seribu dalam pengembangan destinasi wisata bahari manggar baru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di destinasi wisata di Teluk Seribu. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini ada sebanyak 5 (lima) orang yang terdiri dari Ketua Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu, Ketua Rt. 03 Kelurahan Manggar Baru, Disporapar Seksi Pengembangan Promosi dan Kerja Sama Pariwisata, Seksi Pengembangan Destinasi, Seksi Pengembangan Usaha Jasa Pariwisata. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Fungsi Komunikasi Pariwisata pada Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu dalam Pengembangan Destinasi Wisata Bahari Manggar Baru. Dalam prosesnya Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu menjalankan empat langkah penting yang diawali dari pemasaran, destinasi, aksesibilitas, dan sdm dan kelembagaan. Dalam pemasaran Kelompok Sadar Wisata di Teluk Seribu telah memahami apa yang menjadi nilai jual utama untuk menarik minat kunjungan wisatawan dan potensi wisata yang dimiliki oleh objek wisata di Teluk Seribu sejalan dengan bauran pemasaran (marketing mix) disebut 4P yaitu product, price, place, promotion menurut Kotler dan Armstrong (2018, 77-78).
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S/H. Muhammad Faisal, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 5 Agustus 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading