Persepsi Masyarakat Pendatang Tentang berdirinya Organisasi Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur Di RT 03 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara (Jocktan Ronaldo)

July 31, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 31, 2019 @ 11:07 AM
IP: 180.248.122.149

  • 1. Title [Judul]: Persepsi Masyarakat Pendatang Tentang berdirinya Organisasi Laskar Pemuda Adat Dayak Kalimantan Timur Di RT 03 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jocktan Ronaldo
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi, masyarakat, organisasi, LPADKT
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang berdirinya organisasi LPADKT di RT 03 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara serta faktor pendukung dan penghambat berdirinya organisasi LPADKT bagi masyarakat yang berada di RT 03 Keluruhan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, adapun yang menjadi sumber data dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, yakni ketua RT 03 (1 orang), Tokoh masyarakat (1 orang), warga setempat (5 orang), dan ketua umum LPADKT (1 orang). Teknik pengumpulan data yakni, observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa 1). Persepsi masyarakat tentang berdirinya organisasi LPADKT di RT 03 Kelurahan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara yaitu bahwa sebagian besar masyarakat di wilayah tersebut memiliki persepsi positif tentang LPADKT yang didirikan oleh etnis suku dayak dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan ekonomi, sosial, dan politik. 2). Faktor pendukung yang dirasakan masyarakat dengan berdirinya LPADKT yaitu adanya penyediaan pelayanan sosial, tempat penyaluran aspirasi, mempererat rasa persaudaraan dan kebersamaan serta melestarikan sumber daya alam dan memelihara lingkungan hidup. Sedangkan faktor penghambat yang dirasakan masyarakat yaitu masih adanya oknum LPADKT yang menimbulkan konflik serta interaksi dari organisasi LPADKT dirasakan masyarakat masih kurang intens berhubungan dengan masyarakat secara keseluruhan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anwar, S.Sos., MM/ Nur Hasanah, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 31 Juli 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email