PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PEMBERIAN IZIN KEBERANGKATAN KAPAL DI KANTOR KESYAHBANDAR KOTA SAMARINDA (Virgi Pranama Putra)
July 29, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jul 29, 2019 @ 4:36 PM
IP: 180.248.99.37
- 1. Title [Judul]: PERAN PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PEMBERIAN IZIN KEBERANGKATAN KAPAL DI KANTOR KESYAHBANDAR KOTA SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Virgi Pranama Putra
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran, pemimpin, kinerja, pegawai, pemberian, izin.
- 4. Description [Abstrak] : Virgi Pramana Putra, Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pemberian Izin Keberangkatan Kapal Di Kantor Kesyahbandar Kota Samarinda dibawah bimbingan Ibu Dr. Rita Kala Linggi, M.Si dan Bapak Eddy Iskandar, S.Sos., M.Si.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai pemberian izin keberangkatan kapal di Kantor Kesyahbandar Kota Samarinda dan untuk mengetahui kinerja pegawai dalam pemberian izin keberangkatan kapal di Kantor Kesyahbandar Kota Samarinda. .Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Fokus penelitian meliputi: inisiatif, tanggung jawab, pembinaan dan motivasi. Kinerja pegawai yang meliputi: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran pemimpin dalam meningkatkan kinerja pegawai pemberian izin keberangkatan kapal di Kantor Kesyahbandar Kota Samarinda, inisiatif Kepala Kesyahbandar menciptakan suasana nyaman dahulu dilingkungan di kantor Kesyahbandar. Tanggung jawab pimpinan dan pegawai, didasari berdasarkan kemampuan, keterampilan dan kecapakapan yang tinggi untuk menghadapi persoalan yang ditemukan saat melayani masyarakat. Pembinaan kepala kepada pegawai, membantu dalam pemberian izin keberangkatan kapal. jika ditemukan permasalahan. Motivasi pegawai yang kepala berikan, berupa petunjuk dan mendorong kemajuan. Kebijakan dari Kesyahbandar selalu disampaikan secara terbuka dan transparan. Kinerja pegawai dari bukti fisik, dari perlengkapan, pegawai, sarana komunikasi, SDM dan alat penunjang kerja pegawai, seperti komputer, printer, genset dan tersedianya anggaran Kesyahbandar. Keandalan pegawai dilihat dari kemampuan dalam memberikan pelayanan. Daya tanggap pegawai dapat menanggapi keluhan dan dapat menyelesaikan masalah dengan cepat. Jaminan pegawai dari kesopanan, pengetahuan, kemampuan dan sifat pegawai yang dapat dipercaya dan empati seluruh pegawai dalam melayani pemberian izin keberangkatan kapal, pegawai dapat menanggapi dan menyikapi komplain maupun kritik dari masyarakat yang tidak puas terhadap pelayanan yang telah pegawai berikan. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Rita Kalalinggi, M.Si & Eddy Iskandar, S.Sos., MSi
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Juli 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3229
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel