IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BONTANG NOMOR 10 TAHUN 2013 TENTANG PENDIDIKAN BACA TULIS ALQURAN di SMPN 006 KECAMATAN BONTANG SELATAN KOTA BONTANG (Ahmad Firdaus)

July 26, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jul 26, 2019 @ 4:25 PM
IP: 182.1.167.223

  • 1. Title [Judul]: IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BONTANG NOMOR 10 TAHUN 2013 TENTANG PENDIDIKAN BACA TULIS ALQURAN di SMPN 006 KECAMATAN BONTANG SELATAN KOTA BONTANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ahmad Firdaus
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Implementasi, pendidikan, alquran.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi peraturan daerah kota bontang nomor 10 tahun 2013 tentang pendidikan baca tulis alquran di smpn 006 kecamatan bontang selatan dan untuk mengetahui faktor penghambat implementasi peraturan daerah kota bontang nomor 10 tahun 2013 tentang pendidikan baca tulis alquran di smpn 006 kecamatan bontang selatan. Teknik pengumpulan data pada penelitian inidilakukan dengan cara library research dan fieid work rearch yaitu observasi dan wawancara serta mempelajari dokumen – dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Sumber data diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Fokus penelitian ini adalah tenaga pengajar, pelaksanaan dan pengawasan, peran serta masyarakat. Dan faktor penghambat implementasi peraturan daerah kota bontang nomor 10 tahun 2013 tentang pendidikan baca tulis alquran di smpn 006 kecamatan bontang selatan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa tenaga pengajar di smpn 006 tentang baca tulis alquran masih belum memiliki sertifikat wajib mengajar pendidikan baca tulis alquran. Pelaksanaan dan pengawasan di smpn 006 telah berjalan, namun hasil dari pelaksanaan dan pengawasan masih kurang optimal. Peran serta masyarakat di kelurahan bontang lestari terutama wali murid sangatlah penting, hal ini perlunya koordinasi antara dewan pendidikan, komite sekolah dan masyarakat dalam mendukung kegiatan baca tulis alquran di smpn 006. Faktor penghambat meliputi kurangnya dana BOS dalam pelaksanaan baca tulis alquran, tenaga pengajar yang kurang kompeten di bidangnya, hasil dari bentuk pengawasan pemerintah daerah belum terlihat dan fasilitas pendukung kurang memadai.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, M.Si, Nur Hasanah, S.Sos., M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 Juli 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email