Upaya BPJS-Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Melalui Pelayanan Promotif dan Preventif di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara (Rosidah Patimah)
July 19, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jul 19, 2019 @ 4:38 AM
IP: 182.1.174.221
- 1. Title [Judul]: Upaya BPJS-Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat Melalui Pelayanan Promotif dan Preventif di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rosidah Patimah
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: BPJS-Kesehatan, promotif, preventif, penyuluhan, imunisasi, keluarga berencana
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya BPJS-Kesehatan dalam Meningkatkan Kualiatas Kesehatan Masyarakat Melalui Pelayanan Promotif dan Preventif, mengetahui pelaksanaan penyuluhan kesehatan perorangan, imunisasi dasar, keluarga berencana, dan skrining kesehatan di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara serta kendala-kendala yang dihadapi dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara dan di kantor cabang BPJS-Kesehatan Kota Balikpapan. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, dan wawancara. Narasumber terdiri dari Kepala Kantor Cabang BPJS-Kesehatan Kota Balikpapan, pelaksana program JKN, pengguna kartu BPJS-Kesehatan, serta masyarakat. Temuan dari penelitian ini adalah dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat oleh BPJS-Kesehatan, dapat dikatakan masih belum optimal, hal tersebut dilihat dari pelayanan promotif dan preventif yang masih terdapat kekurangan dalam setiap indikator pelayanannya, meliputi penyuluhan kesehatan, imunisasi dasar, keluarga berencana, dan skrining kesehatan, yang dilakasanakan, ditanggung, dan dijamin oleh BPJS-Kesehatan melalui kemitraan baik bersama pemerintah, lembaga kesehatan maupun swasta, serta lembaga terkait lainnya. Selain itu, terdapat permasalahan terhadap pelaksanaan pelayanan oleh BPJS-Kesehatan, mulai dari sumberdaya manusia yang masih perlu pembenahan, pendanaan dan kemitraan juga menjadi salah satu masalah yang dihadapi dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di kabupaten Penajam Paser Utara.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, M.Si/Budiman, S.IP., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 Juli 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3220
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi