Eksistensi Karang Taruna dalam Aktivitas Kepemudaan (Studi Kasus di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung) (Wenti)

July 24, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Wenti, Wenti
On: Jul 24, 2013 @ 11:08 AM
IP: 192.168.3.3

  • 1. Title [Judul]: Eksistensi Karang Taruna dalam Aktivitas Kepemudaan (Studi Kasus di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Wenti
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Organisasi, Kelembagaan, Pemuda, Karanag Taruna, faktor pendukung, faktor pengha
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Karang Taruna Dalam aktivitas Kepemudaan studi kasus di Desa Gunawan Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung. Latar belakang dari penelitian ini adalah perjalanan suatu bangsa sejatinya tidak lepas dari keberadaan pemuda yang merupakan kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen pembaharuan sebagai perwujudan dari fungsi, peran, karakteristik, dan kedudukan yang strategis dalam pembangunan nasional. Karang Taruna adalah organisasi Kepemudaan yang ada di Indonesia dan merupakan sebuah wadah tempat pengembangan jiwa sosial generasi muda. Tujuan dari pnelitian ini adalah bagaimana keberadaan Karang Taruna dalam Aktivitas Kepemudaan yang ada di Desa Gunawan mampu melaksanakan aktivitas bagi para pemuda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pnelitian kualitatif dimana penelitian dilakukan melalui observasi, kepustakaan, pengumpulan data dan wawancara secara mendalam. Setelah itu data-data yang diperoleh dikumpulkan dideskripsikan dan dianalisis dengan analisis kualitatif.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eksistensi Karang Taruna di Desa Gunawan saat ini masih ada namun masih belum dapat dirasakan keberadaan mereka karena kegiatan yang ada belum terlaksana secara maksimal seperti dibidang Ekonomi yang saat ini hanya satu kegiatan yang dapat dilaksanakan karena dana yang dimiliki oleh karang Taruna tidak mencukupi untuk membuka usaha ekonomi yang lainnya. Demikian juga dengan bidang kesenian yang dimana saat ini tidak memiliki alat kesenian yang lengkap atau tempat untuk melaksanakan kegiatan kesenian belum ada sampai saat ini. Namun dari beberapa kegiatan ada seberapa kegiatan yang telah terlaksana seperti bidang Olahraga, bidang Keorganisasian dan bidang Keagamaan saat ini masih dilaksanakan di Desa Gunawan
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Muhammad Noor, M.Si dan Drs. Heryono Susilo Utomo, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document

Loading

Print Friendly, PDF & Email