AKUNTABILITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA (Rusidah)

June 18, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 18, 2019 @ 11:35 AM
IP: 180.248.227.176

  • 1. Title [Judul]: AKUNTABILITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Rusidah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Akuntabilitas, pelayanan Publik
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan Akuntabilitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kencana Kota Samarinda dan untuk mengidentifikasi faktor apa saja yang menjadi penghambat Akuntabilitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kencana Kota Samarinda.Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini yaitu, akuntabilitas biaya pelayanan publik dan akuntabilitas produk pelayanan publik, serta faktor penghambat akuntabilitas pelayanan publik di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kencana Kota Samarinda . Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas key informan yaitu Pimpinan PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda dan informan peneliti yakni Staff PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kencana Kota Samarinda sudah terlaksana dengan baik dengan memberikan pertanggungan jawaban kepada masyarakat atau pelanggan yang terbukti dari keluhan-keluhan yang disampaikan oleh masyarakat yang mengalami permasalahan seperti kenaikan tagihan air yang tiba-tiba tinggi. PDAM berusaha semaksimal mungkin untuk mempertanggungajawabkan dengan menindaklanjuti keluhan-keluhan tersebut. Namun permasalahan yang dialami oleh para pelanggan hingga sekarang masih sering dirasakan walaupun PDAM Tirta Kencana sudah berusaha sebaik mungkin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Abdullah Karim, M.S dan Dr. Enos Paselle, M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading