KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS GUNUNG SARI ILIR KECAMATAN BALIKPAPAN TENGAH (Moch Ridho Wachruroji)

May 28, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 28, 2019 @ 11:38 AM
IP: 180.248.120.3

  • 1. Title [Judul]: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN BAGI PASIEN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS GUNUNG SARI ILIR KECAMATAN BALIKPAPAN TENGAH
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Moch Ridho Wachruroji
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: KualitasPelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan,Puskesmas
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengidentifikasi kualitas pelayanan kesehatan bagi para pasien pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Gunung Sari Ilir Kecamatan Balikpapan Tengah.. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu dimensi kompetensi teknis, dimensi efektivitas, dimensi efisiensi, dimensi hubungan antar manusia.Key informanpada penelitian iniyaitu Kepala Puskesmas Gunung Sari Ilir dan informan peneliti yakni staf/pegawai Puskesmas Gunung Sari Ilir melalui metode purposive samplingdan pasien pengguna BPJS Gunung Sari Ilir melalui metode Accidental Sampling. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)yang dilihat dari dimensi kompetensi teknis, dimensi efektifitas, dimensi Efisiensi dan dimensi hubungan antar manusia masih terdapat beberapa kendala diantaranya kurangnya jumlah tenaga medis seperti dibagian loket pendaftaran bagi pasien yang hanya terdapat satu pegawai dan fasilitas kesehatan yang belum memadai seperti alat-alat medis dan infrastruktur bangunan puskesmas. Kemudian beberapa kendala yang bisa diatasi antara lain yaitu para pegawai cepat, tepat dan konsisiten serta saling bekerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien agar pelayanan yang diberikan dapat secara optimal
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr.Bambang Irawan, M.Si dan Dr. Enos Paselle,M.AP
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email