Pembinaan Pedangang di Kawasan Wisata Kuliner Kampoeng Nasi Kuning oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda (Suryati Nurdin)

May 28, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 28, 2019 @ 10:09 AM
IP: 180.248.120.3

  • 1. Title [Judul]: Pembinaan Pedangang di Kawasan Wisata Kuliner Kampoeng Nasi Kuning oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Suryati Nurdin
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peran Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Pembinaan Pedagang
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembinaan pedagang dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan pedagang di Kawasan Wisata Kuliner Kampoeng Nasi Kuning oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah pembinaan produksi dan pengolahan, pemasaran, sumberdaya manusia, teknologi dan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan pedagang. Sumber data primer menggunakan teknik sampling bertujuan (purposive Sampling). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Model Interaktif yang dikemukakan oleh Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari tahap kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa Dinas Pariwisata Kota Samarinda telah menjalankan perannya terkait Pembinaan Pedagang di Kawasan Wisata Kuliner Kampoeng Nasi Kuning, namun materi dalam pembinaan masih kurang yaitu tidak ada pembinaan teknologi dan juga masih terdapat pedagang yang berpendapat bahwa pembinaan tersebut kurang bermanfaat karena memakan waktu yang sangat lama serta materi bahan-bahan nasi kuning yang di sampaikan tidak lengkap, sehingga hal ini masih menjadi “pekerjaan rumah” yang harus dihadapi oleh Dinas Pariwisata Kota Samarinda dalam menyusun program-program pembinaan yang lebih efektif dengan materi pembinaan yang lebih dilengkapi serta pemberian edukasi yang rutin kepada para pedagang agar dapat lebih mudah mengupgrade SDM para pedagang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si dan Dini Zulfiani, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading