IDENTIFIKASI LESBIAN DI KALANGAN MAHASISWI (STUDI KASUS DI SEKITAR JALAN PRAMUKA DAN JALAN PERJUANGAN) (Kiki Maryati)

May 27, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 27, 2019 @ 1:12 PM
IP: 36.83.60.67

  • 1. Title [Judul]: IDENTIFIKASI LESBIAN DI KALANGAN MAHASISWI (STUDI KASUS DI SEKITAR JALAN PRAMUKA DAN JALAN PERJUANGAN)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Kiki Maryati
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Lesbian, Faktor lingkungan dan pergaulan, Faktor keluarga, Faktor ge
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi individu menjadi lesbi di Jalan Pramuka dan Jalan Perjuangan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu faktor-faktor penyebab individu menjadi lesbi. Faktor lingkungan dan pergaulan, faktor genetik, dan faktor keluarga. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian lapangan yang terdiri dari observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan individu menjadi lesbian di Jalan Pramuka dan Jalan Perjuangan yaitu faktor lingkungan dan pergaulan, faktor genetik, dan faktor keluarga. Informan di Jalan Pramuka dan Jalan Perjuangan, dalam memberikan jawaban ketika diwawancara tampak ragu-ragu. Ini dikarenakan mereka tidak ingin privasi mereka diketahui oleh pihak lain. Penulis semaksimal mungkin mendekatkan diri dengan informan agar mendapatkan kepercayaan sehingga informan mau bercerita secara terbuka tentang kehidupannya. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui 4 dari 7 informan faktor awal mereka menjadi lesbi dikarenakan lingkungan dan pergaulan. Sedangkan 2 informan lainnya faktor keluarga menjadi pendukung mereka menjadi lesbi. Dan 1 informan lainnya faktor genetik yang menjadi penyebab informan menjadi lesbi. Penulis juga dapat menyimpulkan bahwa dalam penelitian ini pengaruh lingkungan dan pergaulan yang ada disekitarnya menjadikan seorang individu lebih cepat menyakini identitasnya sebagai lesbi, hal ini bisa dilihat hampir semua informan adalah perantau dan di kota Samarinda lah mereka bertemu dan berteman dengan individu-individu yang memiliki penyimpangan orientasi seksual lainnya. Saran dari penelitian ini adalah seharusnya orang tua harus memiliki hubungan yang baik dengan anak agar hubungan orang tua dan anak menjadi lebih intensif dan anak bisa lebih terbuka dalam hal apapun serta memberikan edukasi seksual pada anak sejak dini. Sebaiknya orang tua juga harus tahu bagaimana pergaulan anaknya bahkan setelah anaknya dewasa dan memberikan pengawasan dalam pergaulan anak dan menanamkan nilai-nilai agama. Disarankan agar memberikan terapi psikis misalnya dengan membawa anak ke ahli psikiater jika anak mengalami peristiwa traumatik di masa kanak-kanak. Ajari anak agar lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Hartutiningsih, MS Drs. Sugandi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 27 Mei 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email