Motivasi Wanita dalam Berwirausaha pada Organisasi IWAPI Kaltim DPC Kota Samarinda (Siti Monita)
May 13, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: May 13, 2019 @ 11:13 AM
IP: 36.82.184.79
- 1. Title [Judul]: Motivasi Wanita dalam Berwirausaha pada Organisasi IWAPI Kaltim DPC Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Siti Monita
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Motivasi, Wirausaha Wanita, IWAPI Kaltim
- 4. Description [Abstrak] : Tugas pokok seorang wanita sejatinya menguras waktu dan tenaga namun wanita tetap menyisihkan waktu fikiran dan tenaga untuk melakukan aktifitas lebih. Menjadi seorang ibu rumah tangga sekaligus pengusaha wanita bukanlah hal yang mudah dilakukan jika tidak didasari oleh keinginan dan tujuan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi wanita dalam berwirausaha pada organisasi IWAPI Kaltim di Samarinda. Metode yang di guanakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini fokus pada need for achievement, need for power, need for ajiliation. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui wawancara dan observasi pada lokasi dan juga berdasarkan dokumen-dokumen pendukung. Wanita yang berwirausaha pada organisasi IWAPI Kaltim di Samarinda termotivasi dari motivasi untuk berprestasi yang mana wanita berusaha meningkatkan performancenya untuk menghasilkan sebuah karya yang berharga dan bernilai sehingga kerja kerasnya dapat diakui oleh orang lain atau masyarakat luas. Kemudian selain termotivasi untuk memiliki prestasi wanita juga termotivasi untuk memiliki sebuah power yaitu wanita memiliki kekuasaan untuk mengendalikan penghasilannya sendiri dan mengendalikan orang lain, (karyawan) sesuai dengan tujuan yang akan ia capai. Dengan memiliki penghasilan sendiri wanita memiliki power untuk memenuhi kebutuhan pribadinya. Dan yang terakhir adalah motivasi untuk bersahabat, wanita ingin berwirausaha karena termotivasi untuk menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang. Dengan begitu wanita mendapatkan relasi yang lebih banyak dari sebelum ia memiliki usaha. Menjalin hubungan yang baik biasa ditemukan pada saat bekomunikasi pada konsumen, pada karyawan dan pada mitra kerja. Agar motivasi berprestasi terus tumbuh dan lebih berkembang sebaiknya pengusaha wanita lebih banyak lagi mengikuti mentoring dan seminar bisnis. Hal ini bertujuan untuk me-refresh dan meng- upgrade ilmu serta inovasi agar usaha yang dimiliki dapat terus bertahan pada era yang selalu berubah dan permintaan konsumen yang terus berkembang.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si dan Rr. Marliana W, SE., MM
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2056
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal