REPRESENTASI CITRA MUSLIMAH DALAM IKLAN KECANTIKAN WARDAH “20 TAHUN” (Auliya Fathamsyah, Hairunnisa, Sarwo Eddy Wibowo)
May 8, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: May 8, 2019 @ 11:45 AM
IP: 180.248.123.235
- 1. Title [Judul]: REPRESENTASI CITRA MUSLIMAH DALAM IKLAN KECANTIKAN WARDAH “20 TAHUN”
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Auliya Fathamsyah, Hairunnisa, Sarwo Eddy Wibowo
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Citra, Perempuan, Muslimah, Wardah, Semiotika, Roland Barthes
- 4. Description [Abstrak] : Iklan yang muncul di media massa, diantaranya adalah iklan produk kecantikan. Model iklan kecantikan yang marak tampil di media massa adalah model iklan yang cenderung berwajah cantik, berambut panjang, berbadan langsing, berkulit putih dan memamerkan lekuk tubuh indahnya. Iklan Wardah “20 Tahun” menampilkan sesuatu yang berbeda sosok perempuan berhijab dengan pakaian tertutup serta tagline halal. Menurut Roland Barthes, dalam semiotika pembahasan mengenai makna lebih mendalam, bukan hanya makna yang terlihat langsung, tetapi juga makna yang tidak langsung. Ada empat citra perempuan yang ditampilkan oleh iklan, yaitu: Citra Pigura, Citra Pilar, Citra Pinggan, Citra Pergaulan. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis representasi citra muslimah dalam iklan kecantikan Wardah “20 Tahun” dengan mengunakan analisis semiotika Roland Barthes. Dari penelitian ini secara denotasi adalah memperlihatkan identitas seorang muslimah yang ditampilkan terlihat dengan penggunan hijab dan pakaian menutup dikeseluruhan tubuh. Sedangkan secara konotasi ditemukan bahwa seorang muslimah mampu mencapai hal-hal yang dianggap tabu oleh beberapa kalangan masyarakat pada umumnya. Dan mitosnya adalah pada kenyataannya melalui media massa setiap emansipasi perempuan disuarakan oleh masyarakat, berbanding lurus dengan diskriminasi terhadap kaum muslimah secara tidak langsung.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hj. Hairunnisa S.Sos., M.M & Sarwo Eddy Wibowo, S.I.Kom., M.M
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08 Mei 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3853
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel