PENGARUH DAYA TANGGAP PEGAWAI PEMERINTAHAN DESA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN DI KANTOR DESA GUNUNG MULIA KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA (Retno Wulandari, Adam Idris, Melati Dama )
May 3, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: May 3, 2019 @ 3:02 PM
IP: 180.248.121.137
- 1. Title [Judul]: PENGARUH DAYA TANGGAP PEGAWAI PEMERINTAHAN DESA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT ATAS PELAYANAN DI KANTOR DESA GUNUNG MULIA KECAMATAN BABULU KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Retno Wulandari, Adam Idris, Melati Dama
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kata Kunci: Daya Tanggap, kepuasan, masyarakat, pelayanan.
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh daya tanggap pegawai pemerintahan desa terhadap kepuasan masyarakat atas pelayanan di Kantor Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Yang kemudian penulis melakukan pengumpulan data dengan mendatangi langsung responden di Desa Gunung Mulia dan memberikan kuesioner penelitian dan melakukan dokumentasi penelitian ini dilaksanakan di Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan kuesioner/angket dan dokumentasi data-data yang telah didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan menggunkan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi product moment, uji T, uji koefisien determinasi dan uji regresi linier sederhanan dimana responden dari penelitian ini adalah masyarakat Desa Gunung Mulia. Temuan dari penelitian adalah tidak terdapat pengaruh antara daya tanggap pegawai pemerintahan desa terhadap kepuasan masyarakat atas pelayanan di Kantor Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara, hal ini berdasarkan hasil analisis secara deskiptif kuantitatif sebagai berikut hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa hasil yang didapat lebih besar dari nilai yang telah ditentukan (validitas > 0,301 dan reliabilitas masing-masing variabel > 0,301) maka dapat dikatakan data kuisioner valid dan instrumennya reliable, kemudian berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment didapatkan korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,193, dimana hasil tersebut artinya terdapat korelasi yang sangat rendah antara daya tanggap (variabel X) dan kepuasan masyarakat (variabel Y), lalu uji t menunjukkan bahwa t hitung (1,2748) < t table (2,01808) menunjukkan bahwa daya tanggap tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Gunung Mulia, hasil uji determinasi menunjukan bahwa diketahui nilai R. Square sebesar 0,04 % daya tanggap tidak mempengaruhi kepuasan masyarakat di Kantor Desa Gunung Mulia dan sisannya 99,96 ditentukan atau dijelaskan pada variabel-variabel lain yang tidar disertakan dalam penelitian ini berdasarkan dan berdasarkan hasil perhitungan dengan SPSS 20 for Windows dalam uji regresi linier sederhana, diketahui nilai sig 0,000 dan nilai p value 0,210 karna nilai p value sig memiliki nilai lebih dari 0,05, artinya tidak terdapat pengaruh antara daya tanggap pegawai pemerintahan desa terhadap kepuasan masyarakat atas pelayanan di Kantor Desa Gunung Mulia Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof.Dr. H. Adam Idris, M.Si /Melati Dama, S.Sos, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 3 Mei 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3184
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi