ANALISIS EKSPLOITASI ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KASUS DI TEPIAN MAHAKAM KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR) (Natalina Despora Simbolon)

April 29, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Apr 29, 2019 @ 10:52 AM
IP: 36.75.33.127

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS EKSPLOITASI ANAK DI BAWAH UMUR (STUDI KASUS DI TEPIAN MAHAKAM KOTA SAMARINDA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Natalina Despora Simbolon
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Ekploitasi, Anak Dibawah Umur
  • 4. Description [Abstrak] : Kesejahteraan anak adalah suatu tatanan kehidupan anak yang dapat menjamin pertumbuhan dengan wajar, baik secara rohani, jasmani maupun sosial. Rumusan masalah yaitu Bagaimana eksploitasi anak dibawah umur di Kawasan Tepian Mahakam kota Samarinda. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan eksploitasi anak dibawah umur di Tepian Mahakam Kota Samarinda.Tipe penelitian yang gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data digunakan yaitu wawancara dan observasi. Dengan jenis data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan reduksi data, penyajian data setelah data terkumpul dianalisis dan ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa faktor- faktor penyebab eksploitasi anak di bawah umur di tepian mahakam kota samarinda adalah: 1) Ekonomi keluarga yang rendah. Penghasilan orang tua mereka yang rata-rata hanya 300.000 sampai 500.000 perbulan tidak dapat untuk memenuhi kebutuhan keluarga, ditambah dengan jumlah tanggungan keluarga yang relatif banyak membuat beban pemenuhan kebutuhan yang berat bagi keluarga ekonomi rendah. 2) Pengaruh Lingkungan dan komunitas anak, lingkungan tempat tinggal dan sekitar anak bergaul termasuk teman-teman anak dapat menjadi alasan anak itu turun ke jalan. 3) Pendidikan orang yang rendah, berdampak kepada pendidkan anak, dimana seharusnya peran penting orang tua dalam memberikan motivasi serta dukungan terhadap anak akan pentingnya pendidikan.4) Keretakan dan Kekerasan Kehidupan Rumah Tangga Orang Tua, hubungan orang tua (ayah dan ibu) dapat mempengaruhi anak turun ke jalan seperti sering terjadi pertengkaran antara ayah dan ibu, perpisahan yang disebabkan ayah atau ibu pergi dari rumah dan menikah lagi atau bahkan perceraian antara ayah dan ibu. Saran dalam penelitian ini adalah seharusnya orang tua mampu menjalankan kewajibannya sebagai orang tua terhadap anaknya seperti memberikan kasih sayang dan tidak merampas hak anak termasuk mempekerjakanya sebagai penjual koran,pengamen.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Massad Hatuwe, M.Si/Dra. Lisbet Situmorang.M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 April 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email