TRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE KLUB SEPAK BOLA PROFESIONAL BORNEO FOOTBALL CLUB SAMARINDA (Santi Ernawati, Iman Surya, Hairunnisa)
April 23, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Apr 23, 2019 @ 12:23 PM
IP: 180.248.123.157
- 1. Title [Judul]: TRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE KLUB SEPAK BOLA PROFESIONAL BORNEO FOOTBALL CLUB SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Santi Ernawati, Iman Surya, Hairunnisa
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Brand Image, Borneo Football Club Samarinda
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran terpadu dalam membangun brand image klub sepak bola profesional Borneo Football Club Samarinda dengan analisis teori komunikasi pemasaran terpadu yaitu advertising (iklan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan personal), public relations (hubungan masyarakat), direct marketing (pemasaran langsung), dan penjualan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu Field Work Research atau penelitian langsung ke lapangan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian, kemudian data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya di analisis secara kualitatif melalui analisis data model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Membangun Brand Image Klub Sepak Bola Profesional Borneo Football Club Samarinda adalah satu-satunya klub profesional di Kota Samarinda yang terdaftar dalam AFC (Asian Football Confederation) dan tujuan dari klub yakni berlaga pada level Asia, Borneo Football Club telah menerapkan aspek-aspek klub sepak bola profesional yang telah disetujui oleh FIFA (Federation of International Football Association) sebagai pihak konfederasi. Dasar-dasar persyaratan untuk menjadi klub sepak bola profesional agar dapat berlaga pada kompetisi nasional, regional, dan internasional antara lain aspek olahraga, aspek infrastruktur, aspek personal dan administrasi, aspek keuangan, dan aspek hukum. Keenam syarat tersebut telah di laksanakan oleh klub dengan menggunakan teori komunikasi pemasaran terpadu yaitu advertising (iklan), sales promotion (promosi penjualan), personal selling (penjualan personal), public relations (hubungan masyarakat), direct marketing (pemasaran langsung), dan penjualan interaktif.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Iman Surya, M.Si dan Hj. Hairunnisa, S. Sos., MM
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3853
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal