ANALISIS BIAYA VOLUME LABA SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA PADA PERUSAHAAN HOME INDUSTRY CITA RASA DI KECAMATAN MUARA BADAK (Mayang Wulan Fitriyari)
April 22, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Apr 22, 2019 @ 11:27 AM
IP: 180.248.122.229
- 1. Title [Judul]: ANALISIS BIAYA VOLUME LABA SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA PADA PERUSAHAAN HOME INDUSTRY CITA RASA DI KECAMATAN MUARA BADAK
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Mayang Wulan Fitriyari
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Biaya-Volume-Laba; Perencanaan Laba
- 4. Description [Abstrak] : Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Berapakah tingkat penjualan Break Event Point pada perusahaan home industry Cita Rasa selama tahun 2017? (2) Apabila perusahaan home industry Cita Rasa pada tahun 2018 menghendaki kenaikan laba industri 20% dari laba tahun 2017. Berapakah total penjualan yang Harus dicapai? (3) Untuk menghadapi kondisi penjualan tahun 2018 yang belum pasti, berapakah besarnya Margin of Safety? agar perusahaan masih dalam kondisi tidak mengalami kerugian? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu dalam perencanaan laba seperti mengetahui berapa besar volume penjualan yang harus dicapai perusahaan sehingga dalam kondisi impas, juga membantu menetapkan perencanaan laba di tahun 2018. Hasil penelitian dari perusahaan menunjukkan (1) dengan menggunakan analisis Break Even Point dapat membantu menetapkan perencanaan laba tahun 2018 (2) perusahaan dapat mencapai tingkat minimum penjualan dengan mencapai titik impas di tahun 2017 dan tidak mengalami kerugian (3) dengan menggunakan analisis margin of safety dapat membantu menetapkan penurunan maksimal realisasi penjualan perusahaan dari perencanannya ditahun 2018 agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis Biaya-Volume-Laba dapat membantu menetapkan besar produksi dan jumlah volume penjualan agar perusahaan tidak mengalami rugi serta menetapkan volume penjualan untuk mencapi target laba dan berapa penurunan penjualan yang dapat dilakukan hingga sampai pada titik impas pada tahun 2018.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Mansyur, SE., M.Si dan Umar Hi Salim, SE., MM
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2040
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal