Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Program Samarinda Smart City (Studi Kasus Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran Kota Samarinda) (Aulia Nur Annisa)

April 21, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Annisa, Aulia
On: Apr 21, 2019 @ 12:16 PM
IP: 125.160.67.45

  • 1. Title [Judul]: Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Program Samarinda Smart City (Studi Kasus Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran Kota Samarinda)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Aulia Nur Annisa
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, pelayanan, smart city, teknologi
  • 4. Description [Abstrak] : Aulia Nur Annisa, 2019. Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Program Samarinda Smart City (Studi Kasus Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran Kota Samarinda). Program Studi Ilmu Pemerintahan Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. (Dibimbing oleh dosen Dr. Anwar AS., S.Sos, M.M, dan Nur Hasanah, S.Sos, M.Si).
    Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif sehingga penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui Program Samarinda Smart City di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, serta faktor yang menghambat dan mendukungnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan mengambil sampel kepada pihak yang dianggap paling mengetahui tentang obyek yang diteliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui program Samarinda Smart City di Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda sudah cukup baik dengan menggunakan strategi kualitas jasa/layanan, strategi sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi dan strategi kepuasaan pelanggan, serta strategi tersebut telah sesuai dengan Program Samarinda Smart City yang menginginkan layanan publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Samarinda memanfaatkan teknologi dalam informasi dan pelayanannya, akan tetapi terdapat faktor-faktor yang menyebabkan strategi meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui program Samarinda Smart City di Kelurahan Bukuan tidak maksimal, seperti: sarana dan prasarana yang kurang mendukung, terkendala anggaran dalam mengadakan pelatihan, kurangnya pengetahuan dan informasi masyarakat mengenai layanan berbasis online, pihak-pihak luar Kelurahan dan kurangnya kedisiplinan aparatur Kelurahan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Anwar As., S.Sos, M.M, Nur Hasanah, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel ejournal

Loading