EFEKTIVITAS APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI SALURAN KREATIVITAS KOMUNITAS SMRVIDGRAM SAMARINDA (Annisa Citra Wulandari ,Silviana Purwanti ,Ghufron)

March 28, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 28, 2019 @ 12:17 PM
IP: 180.248.123.114

  • 1. Title [Judul]: EFEKTIVITAS APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI SALURAN KREATIVITAS KOMUNITAS SMRVIDGRAM SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Annisa Citra Wulandari ,Silviana Purwanti ,Ghufron
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Efektivitas, Aplikasi Instagram,Saluran, Kreativitas
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini berawal dari banyaknya komunitas videogram yang terbentuk di Indonesia. Komunitas videogram sendiri merupakan komunitas yang membuat video-video kreativ kemudian disebarkan di aplikasi Instagram. Komunitas ini tersebar di setiap kota di Indonesia dan mempunyai induk yaitu Indovidgram. Dari sinilah kemudian terbentuk komunitas smrvidgram di kota Samarinda yang berisi anak muda yang mempunyai kreativitas dan mereka salurkan di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi ke lapangan untuk mencari data fakta yang terjadi di lapangan, dan wawancara mendalam kepada anggota komunitas smrvidgram. dalam penelitian ini peneliti melibatkan 1 orang key informan yang merupakan ketua komunitas smrvidgram dan 5 orang informan yaitu anggota komunitas smrvidgram. Hasil penelitian yang didapatkan dari komunitas smrvidgram berdasarkan fitur Instagram yaitu pengikut/Followers, jumlah tayangan, komentar, like/ suka dan halaman populer atau explore akhirnya menimbulkan efektivitas pada aplikasi Instagram terhadap kreativitas yang komunitas smrvidgram miliki. Kesimpulan terhadap efektivitas aplikasi Instagram sebagai saluran kreativitas komunitas smrvidgram samarinda adalah efektif untuk komunitas smrvidgram dilihat dari fitur-fitur yang dimiliki oleh Instagram
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Silviana Purwanti S, S.Sos., M.Si dan Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 28 Maret 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading