Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Terhadap Pasien Pengguna BPJS di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau (Dwi Indah Saputri, Adam Idris, Melati Dama )
March 26, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Mar 26, 2019 @ 8:21 AM
IP: 182.1.209.125
- 1. Title [Judul]: Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Terhadap Pasien Pengguna BPJS di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Dwi Indah Saputri, Adam Idris, Melati Dama
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas, pelayanan, pasien, BPJS
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdul Rivai Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara library research dan field work research yaitu observasi, wawancara langsung dengan ¬key informan dan informan, arsip serta dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Purposive sampling adalah pemilihan sampel yang ada dalam posisi terbaik untuk memberikan informasi, dan dalam penelitian ini informan yang ditunjuk adalah orang-orang yang benar-benar memahami tentang pelayanan BPJS di RSUD dr. Abdul Rivai Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau. Accidental sampling adalah penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang cocok sebagai sumber data. Data-data kemudian akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan RSUD dr. Abdul Rivai terhadap pasien pengguna BPJS di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau sudah cukup berkualitas dan sudah berjalan sesuai dengan ketentuan dan ketetapan yang berlaku dari pemerintah, dapat dilihat dari 6 indikator pengukuran yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan, biaya pelayanan, produk/jenis pelayanan, sarana dan prasarana, serta kompetensi petugas pemberi pelayanan. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala, seperti waktu penyelesaian pelayanan yang tidak efisien, sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti ruangan rawat inap yang tidak bisa menampung semua pasien saat pasien yang datang berobat lumayan banyak, fasilitas di kamar ruangan yang tidak memadai seperi kipas angin dan ac yang tidak layak pakai, failitas tempat duduk yang tidak ada di loket pendaftaran rawat inap, fasilitas tempat parkir yang kurang luas, krisis obat-obatan karena ketersediaan obat-obatan yang kosong dari distributor sehingga menyebabkan pihak RSUD dr. Abdul Rivai Kecamatan Tanjung Redeb belum maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pasien pengguna BPJS.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si/Melati Dama, S.Sos, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 26 Maret 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3153
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi