PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PERSEMAIAN PERMANEN DI BALAI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN HUTAN LINDUNG MAHAKAM BERAU (Juanita Irianti Patanduk, Burhanudin, Budiman )

February 19, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 19, 2019 @ 9:12 AM
IP: 36.83.56.160

  • 1. Title [Judul]: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PERSEMAIAN PERMANEN DI BALAI PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI DAN HUTAN LINDUNG MAHAKAM BERAU
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Juanita Irianti Patanduk, Burhanudin, Budiman
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengelolaan, persemaian, BPDASHL Mahakam, Berau, pemberdayaan, masyarakat
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Persemaian Permanen dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Persemaian Permanen di Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau. Penelitian ini dilaksanakan di Persemaian Permanen milik Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (2009). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dalam Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengelolaan Persemaian Permanen ini dilakukan dengan 3 tahapan, Tahap Penyadaran, Tahap Pengkapasitasan, Tahap Pendayaan dimana ketiga tahap telah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa hal yang mesti diperbaiki lagi agar pemberdayaan yang dilaksanakan bias mendapat hasil yang baik dalam pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lidung Mahakam Berau untuk tetap menjalankan Pemberdayaan yang dilakukan di Persemaian Permanen agar berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa indikator-indikator Pemberdayaan Masyarakat yang dilakukan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Mahakam Berau dalam Pengelolaan Persemaian Permanen sudah berjalan dengan baik dan harus ditingkatkan lagi agar pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan dapat dirasakan semua masyarakat secara merata dengan baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Burhanudin, M.Si BudimanS.IP,M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 19 Februari 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email