PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KOGNITIF PADA KOMUNITAS MI FANS SAMARINDA (Alvin Avianto Nugraha,Endang Erawan,Ghufron)

February 18, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Feb 18, 2019 @ 11:48 AM
IP: 36.83.53.106

  • 1. Title [Judul]: PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN KOGNITIF PADA KOMUNITAS MI FANS SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Alvin Avianto Nugraha,Endang Erawan,Ghufron
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Penggunaan Media, Internet, dan Kebutuhan Kognitif.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya pemanfaatan media internet pada era globalisasi seperti sekarang, komunitas Mi Fans Samarinda secara aktif menggunakan media untuk mencari informasi guna memenuhi kebutuhan kognitif mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa Penggunaan Media Internet Dalam Memenuhi Kebutuhan Kognitif pada Komunitas Mi Fans Samarinda. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikan ialah data primer yaitu sumber data informan dan key informasn yang antara lain ialah anggota dan pejabat komunitas Mi Fans Samarinda, dan data sekunder yang merupakan sumber data dokumen yang diperoleh dari buku-buku, jurnal online, statistik dari lembaga penelitian yang di download melalui internet, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang disajikan melalui observasi dan wawancara menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif dari Matthew B. Miles, A. Michael Huberman dan Johnny Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media internet oleh anggota komunitas Mi Fans Samarinda termasuk sangat aktif. Deskripsi penggunaan media internet yang meliputi durasi, waktu, platform, serta kepuasan yang terpenuhi setelah menggunakan media internet menunjukkan bahwa internet dianggap sebagai media yang sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan kognitif dalam hal informasi dan hiburan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si, Drs. Ghufron, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18 Februari 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email