Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda (Khairul Umam)
February 12, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Umam, Khairul
On: Feb 12, 2019 @ 10:55 AM
IP: 192.168.101.181
- 1. Title [Judul]: Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Khairul Umam
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: penerapan, SOP, pelayanan.
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini di lakukan dalam rangka untuk mengetahui dan menganalisis Penerapan Standar Operasional Prosedur Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data pada penelitian ini bersumber dari Kantor Kelurahan Baqa Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda dengan teknik purposive sampling dan jumlah key informan dan informan adalah 5 beserta dari RT dan Masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk penelitian langsung di lapangan. Teknik analisis data model interaktif. Dari hasil penelitian yang di peroleh gambaran secara keseluruhan bahwa Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan dalam Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Publik di Kelurahan Baqa sudah cukup baik karena dalam hal Kemudahan dan Kejelasan Pelayanan kelurahan baqa telah memuaskan masyarakat kelurahan dan mendapatkan hasil yang positif untuk masyarakat kelurahan baqa itu sendiri, Efisien dan Efektivitas pelayan di Kelurahan Baqa sudah cukup baik dengan adanya Penerapan Standar Operasional Prosedur Pelayanan Kelurahan Baqa sudah Efesien dan Efektif, Keselarasan pelayanan yang diberikan pemerintah Kelurahan Baqa kepada masyarakat sudah selaras dengan SOP, dengan adanya SOP pelayanan sehingga ukuran penyelesaian pekerjaan yang diminta sesuai dengan SOP pelayanan dan pencapaian hasil pelayanan seperti waktu yang ditentukan dalam SOP pelayanan tersebut, Keterukuran Perencanaan penerapan SOP pelayanan perlu dilakukan secara sungguh-sungguh agar SOP pelayanan di kelurahan baqa yang akan dipakai dapat diukur keberhasilannya. pelayanan kepada masyarakat dan diterima secara lansung oleh masyarakat dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan prosedur-prosedur pelayanan kepada masyarakat kelurahan baqa, Kepastian Hukum memiliki peranan yang penting untuk membuat pegawai sadar akan tugasnya sebagai pegawai, selain itu juga pimpinan hanya bukan hanya sebagai atasan saja akan tetapi sebagai orang tua yang patut diteladani dengan memberikan contoh yang baik
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si 2. Drs. H. Gunthar Riady, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.pin.or.id/site/?p=1686
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal