Pengaruh Terpaan Online Shop Di Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul) (Adnan Rico Saputra)

January 30, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jan 30, 2019 @ 11:16 AM
IP: 125.160.79.156

  • 1. Title [Judul]: Pengaruh Terpaan Online Shop Di Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Unmul)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Adnan Rico Saputra
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Instagram, terpaan online shop, perilaku kosumtif
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh terpaan online shop di Instagram terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis penelitian deksriptif kuantitatif.. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik skala likert. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji regresi sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 21.0 for Windows.
    Temuan statistik menunjukkan bahwa hasil analisis regresi sederhana terpaan online shop dengan perilaku konsumtif memiliki pengaruh yang signifikan dengan perolehan F hitung lebih dari F tabel = 9,100 > 3,957 dan signifikansi sebesar 0,003. Karena angka signifikansi 0,003 < 0,05 maka, Ho ditolak dan Ha diterima. Yaitu, terdapat pengaruh terpaan online shop di Instagram terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Mulawarman. Dengan besarnya peranan (Adjusted R Square) terpaan online shop dalam mempengaruhi perilaku konsumtif sebesar 8,9%. Adapun berdasarkan hasil uji parsial menunjukkan bahwa dari semua aspek variabel independen yang diuji secara parsial yaitu frekuensi terpaan, selective attention, motivasi, kepercayaan, pendapat dan pembujukan, serta keperibadian dan penyesuaian diri tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Hairani Lubis S.Psi., M.Psi., Psikolog. dan Sarwo Eddy Wibowo S.Ikom., M.M
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading

Print Friendly, PDF & Email