Strategi Bertahan Pedagang Kelontong Menghadapi Persaingan Dengan Minimarket di Sempaja Selatan Kota Samarinda (Tulus Hidayat)
August 22, 2025
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Hidayat, Tulus
On: Aug 22, 2025 @ 9:32 AM
IP: 182.8.183.63
- 1. Title [Judul]: Strategi Bertahan Pedagang Kelontong Menghadapi Persaingan Dengan Minimarket di Sempaja Selatan Kota Samarinda
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Tulus Hidayat
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pedagang Kelontong, Minimarket, Persaingan, Dampak Sosial Ekonomi, Strategi Ber
- 4. Description [Abstrak] : Kehadiran minimarket di sekitar kawasan permukiman menimbulkan persaingan usaha dengan
toko kelontong dan berdampak pada jumlah pendapatan serta perubahan karakteristik konsumen
yang dialami pedagang kelontong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak ekonomi
dan sosial yang dialami pedagang kelontong dan strategi-strategi bertahan pedagang kelontong
dalam menghadapi persaingan dengan minimarket. Metode penelitian yang digunakan yaitu
kualitatif deskriptif dengan melakukan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pendapatan pedagang kelontong
mengalami penurunan setelah berdirinya minimarket dan terjadi perubahan karakterisktik
konsumen serta interaksi sosial yang terjadi yaitu konsumen dari kalangan muda melakukan
interaksi hanya sebatas membeli barang, hal itu terjadi karena karakteristik dari kalangan muda
yang menginginkan sesuatu yang cepat dan praktis, namun konsumen dari kalangan berusia tua
masih memiliki kedekatan personal seperti ada obrolan dan candaan dengan pedagang
kelontong. Namun, dampak yang dialami pedagang kelontong ini tidak sepenuhnya disebabkan
karena persaingan dengan minimarket, tetapi juga karena kondisi toko kelontong yang kurang
menarik konsumen seperti barang berdebu, ruangan sempit, lingkungan kurang bersih, dan
pencahayaan redup. Selanjutnya, strategi-strategi bertahan yang dilakukan pedagang kelontong
dalam menghadapi persaingan yaitu dengan menawarkan harga lebih murah, sistem
pembayaran nontunai, diversifikasi barang dagangan, pelayanan ramah, penjualan dalam
satuan kecil, pemberian hutang kepada pelanggan tetap, pengelolaan stok yang efisien, dan jam
operasional panjang hingga 24 jam. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi
rekomendasi bagi pemerintah untuk membuat aturan yang secara khusus mengatur antara toko
kelontong dan minimarket serta kepada pedagang kelontong agar mengelola toko kelontong
dengan lebih baik dan terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sukapti, M.Hum
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2025
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.ps.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1989
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal