Strategi Bertahan Pedagang Kelontong Menghadapi Persaingan Dengan Minimarket di Sempaja Selatan Kota Samarinda (Tulus Hidayat)

August 22, 2025
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Hidayat, Tulus
On: Aug 22, 2025 @ 9:32 AM
IP: 182.8.183.63

  • 1. Title [Judul]: Strategi Bertahan Pedagang Kelontong Menghadapi Persaingan Dengan Minimarket di Sempaja Selatan Kota Samarinda
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Tulus Hidayat
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pedagang Kelontong, Minimarket, Persaingan, Dampak Sosial Ekonomi, Strategi Ber
  • 4. Description [Abstrak] : Kehadiran minimarket di sekitar kawasan permukiman menimbulkan persaingan usaha dengan
    toko kelontong dan berdampak pada jumlah pendapatan serta perubahan karakteristik konsumen
    yang dialami pedagang kelontong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak ekonomi
    dan sosial yang dialami pedagang kelontong dan strategi-strategi bertahan pedagang kelontong
    dalam menghadapi persaingan dengan minimarket. Metode penelitian yang digunakan yaitu
    kualitatif deskriptif dengan melakukan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi,
    dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pendapatan pedagang kelontong
    mengalami penurunan setelah berdirinya minimarket dan terjadi perubahan karakterisktik
    konsumen serta interaksi sosial yang terjadi yaitu konsumen dari kalangan muda melakukan
    interaksi hanya sebatas membeli barang, hal itu terjadi karena karakteristik dari kalangan muda
    yang menginginkan sesuatu yang cepat dan praktis, namun konsumen dari kalangan berusia tua
    masih memiliki kedekatan personal seperti ada obrolan dan candaan dengan pedagang
    kelontong. Namun, dampak yang dialami pedagang kelontong ini tidak sepenuhnya disebabkan
    karena persaingan dengan minimarket, tetapi juga karena kondisi toko kelontong yang kurang
    menarik konsumen seperti barang berdebu, ruangan sempit, lingkungan kurang bersih, dan
    pencahayaan redup. Selanjutnya, strategi-strategi bertahan yang dilakukan pedagang kelontong
    dalam menghadapi persaingan yaitu dengan menawarkan harga lebih murah, sistem
    pembayaran nontunai, diversifikasi barang dagangan, pelayanan ramah, penjualan dalam
    satuan kecil, pemberian hutang kepada pelanggan tetap, pengelolaan stok yang efisien, dan jam
    operasional panjang hingga 24 jam. Selanjutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi
    rekomendasi bagi pemerintah untuk membuat aturan yang secara khusus mengatur antara toko
    kelontong dan minimarket serta kepada pedagang kelontong agar mengelola toko kelontong
    dengan lebih baik dan terus berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Sosiatri
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Sukapti, M.Hum
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2025
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading