PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. ARREHLAH WISATA DI SAMARINDA (Asmawati)
January 25, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jan 25, 2019 @ 2:48 PM
IP: 36.75.42.178
- 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. ARREHLAH WISATA DI SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Asmawati
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
- 4. Description [Abstrak] : Keberadaan PT. Arrehlah Wisata sebagai penyedia jasa terutama bagi masyarakat samarinda yang hendak umroh maupun haji. Untuk mewujudkan fungsi dan tujuan PT. Arrehlah Wisata sebagai penyedia jasa, peningkatan layanan harus menjadi prioritas utama yang seiring dengan kebutuhan pelanggan.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel dari Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), dan Empati (X5) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Accidental Sampling Method di gunakan dalam proses pengambilan 100 responden sebagai sampel penelitian. Pengujian instrument menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Uji Asumsi Klasik, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independent ( X ) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada PT. Arrehlah Wisata di Samarinda. Dari hasil analisis uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel Bukti Fisik (X1), Daya Tanggap (X3) dan Empati (X5) secara parsial berpengaruh signifikan sedangkan variabel Keandalan (X2), dan Jaminan (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) pada PT. Arrehlah Wisata di Samarinda. Dan hasil yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel Empati (X5). Maka saran untuk PT. Arrehlah Wisata sebaiknya mencari atau mengganti pembimbing umroh yang lebih baik dan memiliki pengetahuan yang luas tentang haji dan umroh serta memperhatikan keluhan-keluhan jamaah di tanah suci maupun di tanah air.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Tuti Wediawati, S.Sos., M.Si dan Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 Januari 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1972
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel