Strategi Pemenangan Kepala Desa Terpilih Pada Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara (Tengku Imam Syarifuddin)
January 24, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Syarifuddin, Tengku Imam
On: Jan 24, 2019 @ 1:23 PM
IP: 203.78.117.86
- 1. Title [Judul]: Strategi Pemenangan Kepala Desa Terpilih Pada Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Tengku Imam Syarifuddin
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: strategi pemenangan, kampanye politik, pemilihan kepala desa
- 4. Description [Abstrak] : Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Pemenangan yang dilaksanakan oleh Kepala Desa terpilih pada Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara pada tahun 2016. Keuggulan telak yang diperoleh Nasrullah dalam kompetisi Pilkades di Desa Santan Tengah, maka fokus penelitian menyoroti bagaimana Perumusan dan Pelaksanaan Strategi Pemenangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik Purvosive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dekskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memberikan dekskripsi pada masing masing variable yang di teliti. Analisi data model interaktif dari B. Milles dan A. Huberman, yang diawali dengan reduksi data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan Kepala Desa Terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa Santan Tengah menggunakan teknik strategi Identifikasi Besaran (Size) dukungan dimana memiliki beberapa tahapan yaitu penempatan tim pemenangan, survey, dan identifikasi intensitas kampanye. Selanjutnya Strategi door to door atau pintu ke pintu dimodifikasi dengan menggunakan metode keterwakilan suara masyarakat oleh para tokoh-tokoh di desa memalui safari politik. Kelompok diskusi dilakukan untuk memperoleh data perumusan program, selain itu juga memungkinkan untuk melakukan pencitraan. Direct mass Campaign ditujukan untuk merebut suara dari masyarakat yang masih abu-abu dan terakhir Indirect mass campaign menggunakan facebook dan baliho sebagai media kampanye. Faktor penghambat hadir dari pendanaan. Faktor pendukung yaitu terstrukturnya tim pemenangan Nasrullah serta Sumber daya manusia yang berpengalaman.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Dr. Erwin Resmawan, M.Si 2. Dr. Iman Surya M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.pin.or.id/site/?p=1657
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal