PENGARUH KOMUNIKASI HORIZONTAL DAN KOMUNIKASI VERTIKAL TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN PROMOTOR PT. WORLD INNOVATIVE TELECOMMUNICATION DI SAMARINDA (May Chita Rindania)
January 22, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Chita Rindania, May
On: Jan 22, 2019 @ 1:10 PM
IP: 103.31.207.25
- 1. Title [Judul]: PENGARUH KOMUNIKASI HORIZONTAL DAN KOMUNIKASI VERTIKAL TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN PROMOTOR PT. WORLD INNOVATIVE TELECOMMUNICATION DI SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: May Chita Rindania
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Komunikasi Horizontal, Komunikasi Vertikal, Kepuasan Karyawan
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh komunikasi horizontal dan komunikasi vertikal secara simultan, parsial dan Dominan terhadap kepuasan karyawan pada Perusahaan PT. World Innovative Telecommunication (OPPO Smartphone) di Samarinda. Dalam penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu variabel Komunikasi Horizontal (X1) dan variabel Komunikasi Vertikal (X2) sebagai variable bebas. Variabel Kepuasan Karyawan (Y) sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket), wawancara dan kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel Komunikasi Horizontal (X1) dan Komunikasi Vertikal (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Horizontal (X1) dan Komunikasi Vertikal (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan karyawan (Y). Variabel Komunikasi Vertikal (X2) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan karyawan (Y). melaksanakan dan melakukan kegiatan family gathering yang berujuan untuk menciptakan sebuah pendekatan antara sesama karyawan. Kemudian sebaiknya sales lebih memperbaiki sikap dengan cara mengayomi karyawan, sehingga karyawan merasakan kepuasan dalam bekerja karena atasan memberikan bentuk perhatian dan komunikasi yang baik.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Tuti wediawati, S.Sos., M.Si dan Ana Noor Andriana, S.AB., M.AB
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1968
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Open Document