PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA EKSPEDISI PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI SAMARINDA (Misnawati)
January 5, 2019
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jan 5, 2019 @ 12:22 PM
IP: 36.83.52.191
- 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA EKSPEDISI PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) DI SAMARINDA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Misnawati
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna Jasa
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan (kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) terhadap kepuasan pengguna jasa JNE khususnya di Kota Samarinda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Christhopher Lovelock, dkk (Pemasaran Jasa), Fandy Tjiptono (Dimensi Kualitas Layanan), dan Adam Idris (Kinerja Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan) sebagai dasar dan acuan untuk membandingkan fakta dilapangan dengan penjelasan teori. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data regresi linear berganda menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 2.1. Jumlah sampel 100 responden yang ditetapkan dalam rumus Joseph F. Hair dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan Non Probability Sampling. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan secara simultan (Uji F) berpengaruh terhadap kepuasan pengguna jasa ekspedisi JNE di Samarinda. Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa jaminan (X3) dan empati (X4) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, kehandalan (X1), daya tanggap (X2), dan bukti fisik (X5) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Nilai yang paling berpengaruh (dominan) adalah variabel empati (X4).
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. M. Zaini, M.Si dan Adietya Arie H, S.Sos., M.AB
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2019
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1955
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal