Evaluasi Pembentukan Desa Sepala Dalung Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung (Wisnu Ali Putra)

June 24, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 24, 2013 @ 8:05 PM
IP: 112.215.36.180

  • 1. Title [Judul]: Evaluasi Pembentukan Desa Sepala Dalung Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Wisnu Ali Putra
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Jumlah Penduduk, Luas Wilayah, Sosial Budaya, Potensi Desa dan Sarana
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil evaluasi pembentukan desa sepala dalung kecamatan sesayap hilir kabupaten tana tidung. Dengan fokus penelitian melimputi : jumlah penduduk, luas wilayah, wilayah kerja, sosial budaya, potensi desa, batas desa, dan sarana dan prasarana.
    Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan studi keperpustakaan, studi lapangan, yaitu dengan melakukan pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan pengamatan secara langsung pada objek penelitian, analisis dokumentasi dengan pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan data sekunder berupa surat-surat, arsip-arsip dan dokumen-dokumen yang ada relevisinya dengan kebutuhan data yang diperlukan dalam proses penulisan serta mengadakan wawancara untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian. Narasumber ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan key informen adalah Kepala Desa Sepala Dalung, serta Kaur Pemerintahan, Kanur Pembangunan, Kaur Umum, Kaur Kesra, dan Perwakilan dari Masyarakat Desa Sepala Dalung yang merasakan pembangunan sebagai informan.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa Desa Sepala Dalung setelah pemekaran dilihat dari jumlah penduduknya, yaitu 1000 jiwa, dan 207 Kepala Keluarga sudah memenuhi persyaratan pembentukan sebuah Desa, sesuai dengan PERMENDAGRI No 28 Tahun 2006, yaitu untuk wilayah Kalimantan paling sedikit jumlah penduduknya 750 jiwa, dan 75 Kepala Keluarga, sedangkan luas wilayahnya mencapai 60 km2, sosial budaya yang dapat menciptakan kerukunan antar umat beragama dan kehidupan bermasyarakat sesuai dengan adat istiadat setempat, potensi desa yang melimputi sumber daya alam dan sumber daya manusia, dan sarana dan prasarana yaitu tersedianya potensi infrastruktur pemerintahan desa dan perhubungan.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M.Si dan Budiman, S.Ip. M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: article eJournal

Loading