STUDI TENTANG PELAKSANAAN KEWENANGAN PEMERINTAH DESA BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 DI DESA PAIT KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER (Maya Windiyani, Muh. Jamal, Melati Dama )

November 23, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 23, 2018 @ 8:21 AM
IP: 36.75.91.210

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PELAKSANAAN KEWENANGAN PEMERINTAH DESA BERDASARKAN UNDANG UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 DI DESA PAIT KECAMATAN LONG IKIS KABUPATEN PASER
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Maya Windiyani, Muh. Jamal, Melati Dama
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelaksanaan, kewenangan, Pemerintah Desa
  • 4. Description [Abstrak] : Fokus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang pelaksanaan Kewenangan Pemerintah Desa di Desa Pait Kecamtan long ikis, dan untuk mengetahui faktor penghambat implementasi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Kewenangan Pemerintah Desa di Desa PaitKecamatan Long Ikis. Penelitian ini dilaksanakan di Desa PaitKecamatan Long Ikis Kabupaten Paser.Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif yang di mana memaparkan dan bertujuan memeberikan gambaran serta menjelaskan dari variabel yang diteliti dan penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah dan dilakukan terhadap variabel mandiri yaitu tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lainnya.Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa Undang-undang No 6 Tahun 2014 tentang desa, telah dilaksanakan meskipun masih ditemui hambatan oleh pemerintah Desa Pait. Pemerintah desa telah menjalankan kewenangan desa berdasarkan hak asal-usul yang meliputi: kewenangan dalam pengelolaan pasar desa, pengelolaan ligkungan pemukiman masyarakat, pembinaan kesehatan masyarakat dan pengelolaan pos pelayanan terpadu dan pembuatan jalan desa antar pemukiman.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Muh. Jamal, M.Si/Melati Dama, S.Sos, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 23 November 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email