PERSEPSI TENTANG TATO BAGI KALANGAN PEREMPUAN BERTATO DI KOTA SAMARINDA (Adityawarman Nugroho ,Massad Hatuwe2,Kezia Arum Sary3)

October 29, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Oct 29, 2018 @ 2:11 PM
IP: 110.137.216.126

  • 1. Title [Judul]: PERSEPSI TENTANG TATO BAGI KALANGAN PEREMPUAN BERTATO DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Adityawarman Nugroho ,Massad Hatuwe2,Kezia Arum Sary3
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Komunikasi Interpersonal, Terapis
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana persepsi perempuan bertato terhadap diri mereka sendiri mulai dari rasanya memiliki tato, cara pandang mereka terhadap tato, bagaimana dampak tato di kehidupan mereka, sejarah hidup hingga akhirnya menggunakan tato, bagaimana cara mereka menghadapi masa depan dengan tato yang dimiliki, serta tentu saja bagaimana pandangan orang tua dan orang-orang sekitar terhadap para perempuan bertato dan bagaimana cara mereka mengatasinya.
    Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini sebanyak 5 (lima) orang perempuan bertato yang memiliki latar belakang berbeda-beda seperti wirausaha, ibu rumah tangga, marketing produk, mahasiswa, dan tidak bekerja. Analisis data dilakukan dengan cara, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan bertato juga sama dengan perempuan-perempuan lain yang menjalani hidup dengan baik dan memikirkan masa depannya. Mereka juga merasakan takut pada saat pertama kali memasang tato, berawal dari ajakan teman maupun kemauan dari dalam diri sendiri, merasakan perbedaan cara pandang dari orang tua juga masyarakat sekitar sebelum dan sesudah bertato.
    Para perempuan bertato menganggap tato hanya karya seni untuk mengekspresikan masa lalu dan apa yang mereka inginkan, dan bukan berarti dengan bertato mereka akan menjadi perempuan yang terjerumus ke arah yang negatif.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. H. Massad Hatuwe, M.Si dan Kezia Arum Sary, S.Ds., M.Med.Kom
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Oktober 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading

Print Friendly, PDF & Email