PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN BUDAYA PAMPANG (STUDI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN) ( Grace Novietrianita)
October 10, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Oct 10, 2018 @ 2:46 PM
IP: 125.160.79.177
- 1. Title [Judul]: PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN BUDAYA PAMPANG (STUDI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN)
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Grace Novietrianita
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Standar pelayanan Publik, Pelayanan Adminitrasi Kependudukan.
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Pelayanan Publik di Kelurahan Budaya Pampang (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan), apakah pelaksanaan pelayanan telah sesuai dengan standar pelayanan publik dengan indikato jangka waktu penyelesaian, produk pelayanan dan sarana, prasarna dan/fasilitas, serta untuk mengetahui faktor prnghambat dalam pelaksanaan Pelayanan Publik di Kelurahan Budaya Pampang (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi peneltian di Kelurahan Budaya Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penelitian kepustakaan, observasi, wawancara, dokumentasi, serta melalui data ataupun berkas yang diberikan oleh masyarakat maupun oleh aparat Kantor Kelurahan Budaya Pampang. Narasumber pada penelitian ini ada sebanyak 6 (enam) orang yang terdiri dari Lurah Budaya Pampang, Sekretaris Lurah Budaya Pampang, Kepala Seksi Pemerintahan Umum, Ketentraman dan Ketertiban, serta Masyarakat yang menerima Pelayanan Administrasi Kependudukan. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian pelayanan publik di Kelurahan Budaya Pampang (studi Pelayanan Administrasi Kepemdudukan) ini menunjukan bahwa jangka waktu penyelesaian berfungsi sebagai jaminan akan kepastian waktu yang diperlukan dalam proses pelayanan. Produk pelayanan berfungsi sebagai penentu hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Sarana, prasarana dan/fasilitas berfungsi sebagai penunjang dalam proses pelayanan. Terakhir adalah kompetensi pelaksana yang berfungsi untuk mengetahui kemampuan, pengetahuan, keahlian keterampilan serta pengalamaman yang dimiliki oleh pegawai pelaksana pelayanan. Namun dalam kenyataannya pelayanan publik di Kelurahan Budaya Pampang (studi Pelayanan Administrasi Kepemdudukan) belum secara maksimal memenuhi standar pelayanan.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2782
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal