KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS MUARA WIS KECAMATAN MUARA WIS KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Jumian)
October 4, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Oct 4, 2018 @ 9:50 AM
IP: 110.139.145.197
- 1. Title [Judul]: KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS MUARA WIS KECAMATAN MUARA WIS KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Jumian
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Muara Wis Kecamatan Muara Wis Kabupaten Kutai Kartanegara. Dengan fokus penelitian yaitu : dimensi kompetensi teknis, dimensi keterjangkauan atau akses layanan kesehatan, dimensi efektivitas layanan kesehatan, dimensi efisiensi layanan kesehatan, dimensi kesinambungan layanan kesehatan, dimensi keamanan, dimensi kenyamanan, dimensi informasi, dimensi ketepatan waktu, dimensi hubungan antar manusia. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Jenis data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Sumber data yang diperoleh dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan Kualitas Pelayanan kesehatan di Puskesmas Muara Wis sudah cukup baik, berdasarkan kompetensi teknis tenaga kesehatan di Puskesmas Muara Wis sudah kompeten dibidangnya, puseksams selalu berupaya memberikan pelayanan yang efektif dan efisien, keamaan pelayanan dan obat-obatan sudah baik selain itu puskesmas juga memeberikan pelayanan yang berkesinambungan, dari segi ekonomi biaya yang ditetapkan cukup terjangkau namun dari segi geografis letak puskesmas masih belum strategis karena masih cukup jauh dari desa-desa lain. Selain itu pelayanan pelayanan yang diberikan puskesmas muara belum dapat dikatakan nyaman karena terbatasnya sarana dan prasarana yang ada serta masih terdapat petugas kesehatan yang kurang ramah terhadap pasien. Ada beberapa hal yang menjadi aktor penghambat dalam memberikan pelayanan yang berkualitas di Puskesmas Muara Wis, yaitu kurangnya sumber daya di bidang kesehatan, diantaranya ialah tenaga kesehatan yang masih kurang yaitu dokter gigi dan perawat gigi serta bidan desa untuk desa Muara Enggelam, sarana dan prasaranan yang tidak memadai seperti ruangan KIA yang terpaksa digabung dengan ruang persalinan, ruang pemeriksaan yang digabung dengan ruang tindakan, jumlah kursi ruang tunggu yang masih kurang, hanya ada 1 kursi di ruang tunggu serta fasilitas kesehatan yang minim.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Endang Erawan, M. Si dan Dini Zulfiani, S. Sos., M. Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2772
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal