Upaya Jepang Dalam Mempopulerkan Program Cool Japan Sebagai Nation Branding (Sidik Ali Mustaqim)

October 3, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Mustaqim, SIdik
On: Oct 3, 2018 @ 10:06 AM
IP: 36.83.35.91

  • 1. Title [Judul]: Upaya Jepang Dalam Mempopulerkan Program Cool Japan Sebagai Nation Branding
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sidik Ali Mustaqim
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: cool japan, nation branding, jepang, industri kreatif
  • 4. Description [Abstrak] : Cool Japan adalah bentuk upaya nation branding oleh pemerintah Jepang. Bubble economy yang menyerang Jepang menyebabkan begitu banyak masalah ekonomi yang mengarah ke krisis ekonomi jangka panjang, ketika ekonomi melemah, pemerintah yang melihat popularitas konten Jepang di luar negeri akhirnya menganggap industri konten dan industri kreatif memiliki potensi untuk menjadi salah satu penopang ekonomi yang baru. Program Cool Japan akhirnya diresmikan dengan tujuan utama untuk mempopulerkan konten Jepang di luar negeri sehingga nantinya dapat membentuk nation brand dan membantu Jepang mengatasi masalah ekonomi pasca-bubble economy. Dalam implementasinya, program Cool Japan memiliki berbagai bentuk promosi yang menarik yang ditujukan untuk memperkuat nation brand di dunia internasional, seperti pameran internasional, menyiarkan konten lokal di luar negeri, dan kerjasama industri kreatif antar negara.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Enny Fathurachmi, S.IP, M.Si, Frisca Alexandra, S.IP, MA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal article

Loading