STUDI TENTANG PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DAERAH (BOSDA) DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Annisa Nur Maidah, Daud Kondorura, Rita Kala Linggi)

September 25, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Nur Maidah, Annisa
On: Sep 25, 2018 @ 5:15 PM
IP: 36.75.33.255

  • 1. Title [Judul]: STUDI TENTANG PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DAERAH (BOSDA) DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) NEGERI KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Annisa Nur Maidah, Daud Kondorura, Rita Kala Linggi
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Penggunaan, Dana, BOS, BOSDA
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan penggunaan dana BOSDA di MTs Negeri Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan dana BOSDA di MTs Negeri Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.
    Pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data kemudian akan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dengan berdasarkan data yang ada, penulis berupaya menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang ada.
    Hasil penelitian menunjukan bahwa MTs Negeri Kota Bangun mengalokasikan anggarannya untuk belanja barang dan jasa, untuk belanja ATK, untuk belanja pegawai, dan untuk belanja modal. Faktor-faktor pendukung penggunaan Dana BOSDA di MTs Negeri Kota Bangun yaitu: adanya petunjuk teknis penggunaan dan pertanggungjawaban keuangan dana BOSDA, adanya transparansi penggunaan dana BOSDA, jumlah siswa yang banyak, adanya kerja sama yang baik antara sesama komponen sekolah. Faktor-faktor penghambat penggunaan Dana BOSDA di MTs Negeri Kota Bangun yaitu: keterlambatan transfer oleh Pemerintah Pusat ke daerah, lamanya terbit Surat Pengantar Pencairan Dana oleh Tim Manajemen BOSDA Daerah, dan mekanisme birokrasi yang begitu panjang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Daud Kondorura, M.Si dan Dr. Rita Kala Linggi, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 25 September 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email