Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman pada Vlog Presiden Joko Widodo (Arif Mahroza)
September 3, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Sep 3, 2018 @ 1:39 PM
IP: 180.246.137.177
- 1. Title [Judul]: Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman pada Vlog Presiden Joko Widodo
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Arif Mahroza
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, Vlog Presiden Joko W
- 4. Description [Abstrak] : Penggunaan vlog di YouTube oleh Presiden Joko Widodo sebagai alat komunikasi kepada masyarakatnya khususnya remaja dan anak muda, karena video-video yang sebelumnya diunggah kurang mendapatkan penonton, oleh sebab itu Presiden membuat vlog yang kreatif dan dikemas secara santai untuk menarik perhatian masyarakatnya untuk menonton karena ada pesan dan informasi didalamnya.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus Organisme Respon. Menurut teori ini jika pesan disampaikan dengan cara yang tidak menggunakan teknik-teknik penyampaian sebuah pesan yang menarik maka hal itu pasti tidak akan membuat komunikan tertarik dan mengikuti maksud pesan tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013, 2014, 2015 dan 2016 yang sudah pernah menonton vlog Presiden Joko Widodo yang berjumlah 123 orang, lalu ditetapkan jumlah respondennya dengan teknik persentase yaitu mengambil 25% dari 123 mahasiswa dan didapatkan hasil sebanyak 31 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan skoring, proses tabulasi, lalu mendeskripsikan data.
Hasil dari penelitian ini, responden dalam hal ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman memberikan persepsi yang posifit pada vlog Presiden Joko Widodo. Video yang dibuat lebih ini membuat para penontonnya tertarik untuk menonton karena diberikan dengan visual dan audio yang menarik. Informasi yang disampaikan juga sangat jelas karena saling terhubung antara visual dengan rekaman suara Presiden Joko Widodo, juga dengan penambahan teks untuk memperjelas informasi yang disampaikan sehingga respoden mempersepsikan bahwa vlog Presiden Joko Widodo sebagai alat komunikasi yang lebih efektif kepada masyarakanya yang masuk dalam usia remaja dan anak muda.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Chairul Aftah, S.IP., MIA, Drs. Ghufron, M. si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 18 mei 2018
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3599
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel