STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PLN (PERSERO) DALAM MEMPROMOSIKAN LISTRIK PRABAYAR (Studi Pada Bagian Pemasaran PT. PLN Jalan Gajah Mada Kota Samarinda) (Adliah )
August 16, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 16, 2018 @ 6:16 AM
IP: 125.160.21.170
- 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. PLN (PERSERO) DALAM MEMPROMOSIKAN LISTRIK PRABAYAR (Studi Pada Bagian Pemasaran PT. PLN Jalan Gajah Mada Kota Samarinda)
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Adliah
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Listrik Prabayar.
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis strategi komunikasi pemasaran PT.PLN (Persero) dalam mempromosikan Listrik Prabayar di Jalan Gajah Mada Kota Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi komunikasi pemasaran PT. PLN (Persero) dalam mempromosikan Listrik Prabayar di Jalan Gajah Mada meliputi: Direct marketing PT. PLN (Persero) ini meliputi beberapa program yang berkaitan dengan informasi serta sosialisasi tentang listrik prabayar kepada masyarakat agar berpindah dari penggunaan Listrik Pascabayar, ke Listrik Prabayar. Sales promotion membantu dalam penyampaian informasi. Public relatioan membantu dalam penyampaian informasi, walaupun penyampaian informasi belum bisa tersampaikan ke seluruh masyarakat. Personal selling, program Listrik Prabayar tergolong program baru yang masih banyak memerlukan penyesuaian oleh masyarakat untuk mengadopsinya. Advertising listrik prabayar tergolong program baru yang masih banyak memerlukan penyesuaian oleh masyarakat untuk mengadopsinya. Publicity, pesan komunikasi listrik prabayar kepada masyarakat melalui sosialisasi secara langsung, pihak pelayanan pelanggan juga terus memastikan keefektifan sosialisasi ini dengan memastikan pesan yang disampaikan telah diterima oleh masyarakat yang menjadi sasaran dari sosialisasi ini. Events Sponsorship, PLN menjalin relation di sebuah event atau sebagai sponsor utama dalam acara-acara tertentu. Interactive Marketing, PLN sangat dibutuhkan demi tercapai perluasan informasi dan sosialisasi terkait program listrik prabayar. PT.PLN menggunakan media iklan yang dirasa lebih luas jangkauannya. Seperti Surat Kabar.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Drs. Sugandi, M.Si/Annisa Wahyuni Arsyad, S.IP., M.M
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 16 Agustus 2016
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3555
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi