Peran Camat Dalam Meningkatkan Kineraj Aparatur Desa ( Studi Di Desa Mahak Baru Kecamatan Sungai Boh Kabupaten Malinau ) (Argobi Edward Laing)

June 17, 2013
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Jun 17, 2013 @ 12:23 AM
IP: 112.215.66.63

  • 1. Title [Judul]: Peran Camat Dalam Meningkatkan Kineraj Aparatur Desa ( Studi Di Desa Mahak Baru Kecamatan Sungai Boh Kabupaten Malinau )
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Argobi Edward Laing
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kinerja, Pembinaan, Aparatur, Peran Camat, Desa Mahak Baru
  • 4. Description [Abstrak] : Argobi Edward Laing, Peran Camat dalam Meningkatkan Kinerja Aparatur Desa (Studi di Desa Mahak Baru Kecamatan Sungai Boh Kabupaten Malinau). Penelitian ini bertujuan mencari seperti apa prilaku yang dilakukan oleh Camat Sungai Boh dalam meningkatkan kinerja aparatur desa di wilayah Kecamatan Sungai Boh Kabupaten Malinau. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran Camat dalam meningkatkan kinerja aparatur desa. Dalam kegiatan pembinaan aparatur desa, peran yang dilakukan Camat sebagai motivator yang merupakan penyemangat aparatur untuk terus meningkatkan kemampuan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Dalam kegiatan pembinaan administrasi desa, Camat berperan dalam mengadakan pelatihan, mengawasi dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja aparatur desa dalam bidang administrasi. Dalam pembuatan peraturan dan pengelolaan keuangan desa, Camat hanya berperan dalam memfasilitasi kegiatan peningkatan kemampuan aparatur desa dalam pembuatan peraturan dan pembinaan keuangan desa. Sedangkan dalam pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan antar desa, Camat berperan dalam mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pembangunan secara partisipatif dengan melibatkan aparatur desa dan warga dalam penyusunan perencanaan pembangunan. Adapun Faktor pendukung peran Camat dalam meningkatkan kinerja aparatur Desa Mahak Baru adalah adanya dukungan dan semangat yang tinggi dari para aparatur pemerintah desa untuk mengikuti kegiatan pembinaan yang diberikan dari kecamatan. Adapun faktor penghambat dari dalam meningkatkan kinerja ini adalah rendahnya tingkat pendidikan aparatur pemerintah desa karena rata-rata hanya lulusan Sekolah Dasar (SD) dan Anggaran dana yang terbatas
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M.Si dan Drs. Heryono Susilo Utomo, M. Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2013
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal Artikel

Loading