PERSEPSI PENGUSAHA RITEL TERHADAP SOSIALISASI KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR PADA USAHA RITEL MODERN DI KOTA BALIKPAPAN (Hamdiah)
August 8, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Aug 8, 2018 @ 3:20 PM
IP: 36.84.231.121
- 1. Title [Judul]: PERSEPSI PENGUSAHA RITEL TERHADAP SOSIALISASI KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR PADA USAHA RITEL MODERN DI KOTA BALIKPAPAN
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Hamdiah
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Persepsi, pengusaha ritel, kebijakan, kantong plastik
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi ke lapangan untuk mencari data fakta yang terjadi di lapangan, dan wawancara mendalam kepada pengusaha ritel. Dalam penelitian ini peneliti melibatkan 7 orang Key informan pengusaha ritel dan 1 informan Kepala Badan Lingkungan Hidup. Hasil penelitian ini berdasarkan persepsi yang timbul dan terjadi di pengusaha ritel setelah adanya terpaan sosialisasi kebijakan kantong plastik berbayar yang ditetapkan oleh pemerintah.
Data atau informasi yang didapatkan dari pengusaha ritel yang akhirnya dapat menimbulkan persepsi dalam dirinya sendiri. Kesimpulan terhadap sosialisasi kebijakan kantong plastik berbayar yaitu mampu membuat persepsi yang berbeda-beda terhadap terpaan sosialisasi yang di dapatkan melalui panca indera yang pengusaha ritel inderakan.
Pengusaha ritel yang hanya mendapatkan sosialisasi dengan berupa himbauan Surat Edaran saja mempersepsikan sosialisasi dengan kurang positif, dikarenakan kurangnya media informasi yang diberikan dalam menerima informasi terkait kebijakan kantong plastik berbayar yang membuat pengusaha ritel kurang mengerti atau memahami mekanisme kebijakan kantong plastik berbayar. Pengusaha ritel yang mendapatkan sosialisasi secara langsung di Dinas Lingkungan Hidup dan mendapatkan media informasi brosur, telah mampu membuat persepsi yang positif dan mendukung sepenuhnya, dimana pengusaha ritel mengerti atau memahami dengan mudah dan jelas mekanismenya kebijakan kantong plastik berbayar tersebut, dan kebijakan ini menguntungkan pihak ritel.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah,S.Sos.,MM & Kadek Dristiana D,S.Sos.,M.Med.Kom
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08 Agustus 2018
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3502
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel