Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Melalui E-Commerce Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen (Amelia Paramitha)
August 6, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: Paramitha, Amelia
On: Aug 6, 2018 @ 5:53 PM
IP: 36.84.231.168
- 1. Title [Judul]: Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Melalui E-Commerce Serta Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Amelia Paramitha
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: E-Service Quality, Tokopedia, Analisis Jalur, PLS, Keputusan Pembelian, Kepuasan
- 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh E-Service Quality terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Tokopedia serta dampaknya pada kepuasan konsumen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu E-Service Quality (X) sebagai variabel independent, keputusan pembelian (Z) sebagai variabel interverning dan kepuasan konsumen (Y) sebagai variabel dependent. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jalur dengan menyebarkan 96 kuisioner secara online untuk pengumpulan data yang kemudian diolah dengan menggunakan SmartPLS versi 3.0. Studi populasi dilakukan pada mahasiswa dan mahasiswi Universitas Mulawarman yang pernah melakukan pembelian online melalui aplikasi mobile Tokopedia minimal satu kali. Hasil analisis dalam penelitian menunjukkan bahwa E-Service Quality (X) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 58%, E-Service Quality memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Z) sebesar 62% dan keputusan pembelian (Z) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 21%. Berdasarkan kesimpulan yang telah dikemukakan tersebut peneliti memberikan saran agar pihak Tokopedia hendaknya mempertahankan dan meningkatkan kualitas e-service yang telah terbentuk. Khususnya dari indikator-indikator yang memiliki nilai terendah dalam penelitian ini. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik serta bermanfaat dalam memahami harapan konsumen.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Finnah Fourqoniah, S.Sos., M.Si dan Sarwo Eddy Wibowo, S.E.I., MM
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1853
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: eJournal