PROFESIONALISME KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN AIR BERSIH DI PERUSAHAAN AIR MINUM (PDAM) “Tirta Mahakam” KABUPATEN KUTAI KARTA NEGARA (Desy Prima Resti Ayu Wibianti)
July 23, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Jul 23, 2018 @ 2:55 PM
IP: 36.75.95.233
- 1. Title [Judul]: PROFESIONALISME KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN AIR BERSIH DI PERUSAHAAN AIR MINUM (PDAM) “Tirta Mahakam” KABUPATEN KUTAI KARTA NEGARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Desy Prima Resti Ayu Wibianti
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Profesionalisme, Kinerja, Pelayanan
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profesionalisme kinerja pegawai dalam pelayanan air bersih di perusahaan daerah air minum (pdam) tirta mahakam kabupaten kutai kartanegara serta faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pelayanan tersebut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian untuk Profesionalisme Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Air Bersih Di Perusahaan DaerahAir Minum (PDAM) Tirta Mahakam Kabupaten Kutai Kartanegara antara lain: produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas, akuntabilitas faktor pendukung pada profesionalisme kinerja pegawai dalam pelayanan air bersih di perusahaan daerah air minum (pdam) tirta mahakam kabupaten kutai kartanegara. Key informannya yaitu Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Tirta Mahakam Pusat yang tugasnya berhubungan dengan masalah yang diteliti serta informan lainnya yaitu salah satu masyarakat wilayah PDAM Tirta Mahakam Cabang Loa Janan. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Sugiyono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pelayanan di perusahaan daerah air minum pdam tirta mahakam kabupaten kutai kartanegara dari sisi pelaksanaannya dikatakan efektif karena tujuan dari kinerja pelayanan sendiri adalah sepenuhya memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat tanpa membeda bedakan status sosialnya. Proses dalam memberikan pelayanan juga tidak lama karena segala bentuk pembayaran sekarang sudah dapat diakses di loket – loket online yang tersebar di berbagai wilayah kutai kartanegara dan loa janan. Dengan demikian kinerja pelayanan di perusahaan daerah air minum tirta mahakam sudah terlaksana dengan efektif. Pemberian pelayanan telah sesuai dengan visi, misi dan motto perusahaan Jadi, jika dilihat dari segi pelaksanaannya dengan melihat beberapa faktor yang mendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan kinerja pelayanan tersebut seperti produktivitas, kualitas pelayanan, responsivitas,responsibilitas, dan akuntabilitas maka kinerja pelayanan tersebut sudah efektif
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof.Dr.Drs. H. Adam Idris, M.Si dan Drs. H. M.Z. Arifin, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2739
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal