PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG MENGINAP PADA HOTEL DIAMOND DI KOTA SAMARINDA (Titien Alawiyah)

May 28, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 28, 2018 @ 4:04 PM
IP: 36.84.231.102

  • 1. Title [Judul]: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN YANG MENGINAP PADA HOTEL DIAMOND DI KOTA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Titien Alawiyah
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini menggunakan dua variabel, yakni variabel Kualitas Pelayanan sebagai variabel bebas dengan diukur menggunakan 5 indikator pengukuran kualitas pelayanan yaitu :Kehandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empat dan Bukti fisik. Variabel Kepuasan Pelanggan sebagai variabel terikat, diukur menggunakan 3 indikator yaitu: kepuasan pelanggan keseluruhan, minat pembeliang ulang, dan kesediaan untuk merekomendasi. Kesimpulan bahwa hasil koefisien Y = -2.401+ 1.223 X1 + 0.411 X2 + 0.032 X3 + 0.026 X4 + 0.117 X5, menunjukkan kehandalan (b1 = 1.223), daya tanggap (b2 = 0.411), jaminan (b3 = 0.032), empati (b4 = 0.026) dan bukti langsung (b5 = 0.117) nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 78.1% dan korelasi determinan sebesar 60.9 %. Variabel X1, X2, X3, X4, X5 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Y kepuasan konsumen yang menginap pada Hotel Diamond di Kota Samarinda. Sehingga dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Diketahui bahwa variabel kehandalan merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penulis menyarankan agar Hotel Diamond di Kota Samarinda memberikan perhatian lebih terhadap variabel kehandalan, daya tanggap, jaminan dan bukti fisik agar dapat mendorong konsumen Hotel Diamond untuk berkunjung kembali karena konsumen merasa nyaman saat menggunakan fasilitas dan jasa hotel.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Mansyur, SE., M.Si dan Fareis Althalets, S.Par., M.Mpar
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading

Print Friendly, PDF & Email