PENGELOLAAN OBJEK WISATA PULAU KUMALA OLEH DINAS PARIWISATA DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA (Endah Dwi Hariyanil)
May 23, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: May 23, 2018 @ 11:57 AM
IP: 36.84.231.80
- 1. Title [Judul]: PENGELOLAAN OBJEK WISATA PULAU KUMALA OLEH DINAS PARIWISATA DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Endah Dwi Hariyanil
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengelolaan, Objek, Wisata, Pulau Kumala
- 4. Description [Abstrak] : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengelolaan Objek Wisata Pulau Kumala Oleh Dinas Pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara dan untuk mengidentifikasi faktor penghambat Pengelolaan Objek Wisata Pulau Kumala Oleh Dinas Pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara. Metode penelitian ini yaitu menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Pengelolaan Objek Wisata Pulau Kumala Oleh Dinas Pariwisata meliputi Atraksi (attraction), fasilitas (amenities) dan Aksesibilitas (access), faktor penghambat Pengelolaan Objek Wisata Pulau Kumala Oleh Dinas Pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas key informan yaitu Kelapa Dinas Pariwisata di Kabupaten Kutai Kartanegara dan informan penelitian yakni staf Dinas Pariwisata, pegawai lapangan pariwisata serta pengunjung Objek Wisata Pulau Kumala di Kabupaten Kutai Kartanegara yang diperoleh melalui metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pengelolaan objek wisata pulau kumala oleh dinas pariwisata kabupaten kutai kartanegara telah terselenggara dengan baik dalam segi atraksi namun pelaksanaannya hanya diselenggarakan pada saat Erau adat Kutai Kartanegara. Adapun dari segi aksebilitas telah tersedia jembatan repo-repo dan kapal ketinting untuk menuju wisata Pulau Kumala. Sedangkan dari segi fasilitas masih kurang baik. Sebab masih banyaknya fasilitas yang rusak dan tidak terawat seperti pada permainan kereta maupun toilet. Hal ini disebabkan karena adanya keterbatasan anggaran atau dana yang disebabkan oleh perputaran uang yang lambat dari Pemerintah Daerah sehingga membuat pengelola Objek Wisata Pulau Kumala lambat dalam melakukan pembangunan fasilitas-fasilitas dan kurangnya sumber daya manusia yang kurang tepat untuk menangani pengelolaan objek wisata pulau kumala dikarenakan tingkat pendidikan yang tidak sesuai yang berkaitan dengan kepariwisataan serta kurangnya tenaga kebersihan yang membantu membersihkan lingkungan objek wisata pulau kumala.
- 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. H. Syahrani, M.Si dan Dini Zulfiani, S.Sos.,M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.an.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2723
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal