ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT MUSIK PADA GALERI PT. SIMA ELEKTRONIK DI MALL LEMBUSWANA SAMARINDA (Robiyanus Parante)

May 16, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 16, 2018 @ 1:30 PM
IP: 125.160.79.185

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ALAT MUSIK PADA GALERI PT. SIMA ELEKTRONIK DI MALL LEMBUSWANA SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Robiyanus Parante
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Kepribadian, Sikap dan Keputusan Pembelian
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertuujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor psikologis yang mempengaruhi keputusan pembelian alat musik pada galeri PT. Sima Elektronik di Mall Lembuswana Samarinda. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari vriabel independen yaitu variabel psikologis (X) dan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y). hasil analisis faktor menunjukkan faktor psikologis memiliki lima faktor yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian dan sikap. Kelima faktor tersebut kemudian dimasukkan ke dalam analisis regresi linear berganda sebagai variabel bebas yang mempengaruhi variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian dan sikap secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar 86,370 dengan tingkat signifikansi 0,000. Besar kontribusi variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sebesar 0,829 atau 82,9% sedangkan sisanya sebesar 17% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian dan sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji dominan menunjukkan bahwa nilai pada variabel pembelajaran sebesar 0,312 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pembelajaran adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada galeri PT. Sima Elektronik di Mall Lembuswana Samarinda.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. M. Zaini, M. Si dan Muhammad Fikry, M.BA., BBA
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: ejurnal

Loading