PENERAPAN STANDAR PELAYANAN KLAIM PESERTA ASURANSI DI PT. ASURANSI JIWA INHEALTH INDONESIA KANTOR LAYANAN SAMARINDA (Apriani May Frida Sihombing)

May 16, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: May 16, 2018 @ 11:32 AM
IP: 125.160.79.185

  • 1. Title [Judul]: PENERAPAN STANDAR PELAYANAN KLAIM PESERTA ASURANSI DI PT. ASURANSI JIWA INHEALTH INDONESIA KANTOR LAYANAN SAMARINDA
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Apriani May Frida Sihombing
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pelayanan Klaim, Asuransi, Prosedur Klaim
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan standar pelayanan klaim perorangan peserta asuransi di PT. Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia Kantor Layanan Samarinda dengan fokus penelitian meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, kompetensi petugas pemberi pelayanan dan faktor penghambat eksternal dan internal prosedur administrasi klaim yang menjadi kendala dalam pengajuan klaim perorangan peserta asuransi ke PT. Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia Kantor Layanan Samarinda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, penelitian yang memaparkan dan bertujuan memberikan gambaran serta penjelasan dari variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: memasuki penelitian (getting in), berada dilokasi penelitian (getting a long) dan mengumpulkan data (logging data) terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Key Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Kantor Layanan Samarinda, Verifikator Klaim PT. Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia Kantor Layanan Samarinda dan para peserta pengaju klaim perorangan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu penerapan standar pelayanan klaim peserta asuransi di PT. Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia Kantor Layanan Samarinda belum memenuhi standard operational procedure (sop) pelayanan klaim perorangan yang diukur dari prosedur pelayanan klaim, waktu penyelesaian klaim dan kompetensi petugas verifikator. Hal tersebut dikarenakan faktor penghambat seperti kurangnya informasi peserta mengenai administrasi klaim perorangan dan kurangnya tenaga verifikator klaim sehingga penyelesaian klaim tidak optimal.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. Djumadi, M.Si (Alm) dan Dr. Bambang Irawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Ejurnal

Loading