PERANAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DI KOTA BONTANG (Yordan Rabin Waworuntu, Adam Idris, Erwin Resmawan)

March 29, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Mar 29, 2018 @ 12:00 PM
IP: 36.85.152.160

  • 1. Title [Judul]: PERANAN DINAS PERHUBUNGAN DALAM PENGELOLAAN RETRIBUSI PARKIR DI KOTA BONTANG
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Yordan Rabin Waworuntu, Adam Idris, Erwin Resmawan
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Peranan, pengelolaan, retribusi, parker
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peranan Dinas Perhubungan dalam pengelolaan retribusi parkir di Kota Bontang yang dapat dilihat dari perencanaan retribusi parkir, prosedur pungutan retribusi, pengawasan pungutan retribusi, serta mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam pengelolaan retribusi parkir. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan library research (studi kepustakaan), observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pengumpul data. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik snowball sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data model interaktif, yang diawali dengan proses pengumpulan data, penyerderhanaan data (data reduction), penyajian data (data diplay) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian peranan Dinas Perhubungan dalam pengelolaan retribusi parkir di Kota Bontang sudah terlaksana dengan optimal. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan retribusi dari realisasi melewati target yang telah ditentukan dalam setahunnya, Upaya yang dilakukan untuk mencapai target tersebut Dinas Perhubungan mengoptimalkan pemungutan retribusi dihari yang ramai pengunjung, serta penyesuaian tarif retribusi parkir dan mobil. Serta, penambahan titik parkir Dinas Perhubungan telah membentuk tim dan bekerjasama dengan keluarahan untuk melakukan survey guna menginventarisasi kawasan yang berpotensi. Prosedur pungutan retribusi yang telah berjalan sesuai dengan aturan dengan memberikan karcis. Pengawasan pungutan retribusi dilakukan dengan pengawasan langsung setiap harinya terhadap petugas parkir yang bertugas dan pengawasan tidak langsung dilakukan dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang menggunakan jasa parkir. Adapun yang menjadi faktor penghambat Dinas Perhubungan dalam pengelolaan retribusi yaitu kurangnya regulasi yang mengatur lebih rinci perparkiran khususnya parkir di tepi jalan umum di wilayah Kota Bontang.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. H. Adam Idris, M,Si, Dr. Erwin Resmawan, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 29 Maret 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Skripsi

Loading

Print Friendly, PDF & Email