Perbandingan Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak Tahun 2015 (Studi Kasus di Desa Tanjung Aru dan Desa Selengot Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser) (Ahmad Sahid)

January 18, 2018
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: Sahid, Ahmad
On: Jan 18, 2018 @ 11:34 AM
IP: 192.168.10.46

  • 1. Title [Judul]: Perbandingan Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Serentak Tahun 2015 (Studi Kasus di Desa Tanjung Aru dan Desa Selengot Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser)
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Ahmad Sahid
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: partisipasi politik, Desa Tanjung Aru, Desa Selengot, pemilihan kepala daerah.
  • 4. Description [Abstrak] : Penelitian dalam rangka penulisan skripsi ini dilakukan untuk menganalisis dan mengetahui perbandingan partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan kepala daearah (pilkada) serentak tahun 2015 (studi kasusu di Desa Tanjung Aru dan Desa Selengot Kecamatan Tanjung Harapan dan Kabupaten Paser). Latar belakang dari penelitian ini adalah perbedaan tingkat partisipasi politik anatara Desa Tanjung Aru dan Desa Selengot. Melihat fenomena tersebut, maka penulis mencoba untuk menganalisis lebih dalam untuk melihat Perbandingan Partisipasi Politik Masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2015 (studi kasus di Desa Tanjung Aru dan Desa Selengot Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tanjung Aru dan Desa Selengot Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser dengan sampel di Desa Tanjung Aru berjumlah 95 orang dan sampel di Desa Selengot 89 orang menggunakan random sampling. Selanjutnya, data penelitian diperoleh dengan cara observasi, penyebaran kuesioner, dokumentasi dan penelitian kepustakaan. Kemudian dianalisis denagan menggunakan analisis kualitatif model interaktif dan analisis kuantitatif menggunakan analisis cross tab (tabulasi silang). Stelah menggunakan rangkaian analaisi kualitatif dan kuantitatif temuan dari penelitian ini adalah perbedaan tingkat partisipasi politik antara Desa Tanjung Aru dan Desa Selengot yang menunjukan perbandingan partisipasi politik dalam kegiatan kampanye dan menggunakan hak pilih.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program S1 Pemerintahan Integratif (PIN)
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : 1. Dr. H. Muhammad Djamal Amin, MS 2. Drs. H. Burhanuddin, M.Si
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 2018
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel eJournal

Loading