STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA TARAKAN DALAM MEMPROMOSIKAN KAWASAN KONSERVASI MANGROVE DAN BEKANTAN (Sartika Sari Dewi)
November 8, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1
Data Portal Mahasiswa S1
Submitted by: ,
On: Nov 8, 2017 @ 11:41 AM
IP: 125.160.46.72
- 1. Title [Judul]: STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA KOTA TARAKAN DALAM MEMPROMOSIKAN KAWASAN KONSERVASI MANGROVE DAN BEKANTAN
- 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Sartika Sari Dewi
- 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Strategi Komunikasi, Promosi, KKMB
- 4. Description [Abstrak] : Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan dalam mempromosikan Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan, dibawah bimbingan yang saya hormati Ibu Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S selaku dosen pembimbing I dan Ibu Inda Fitriyarini, S.Sos, M.Si selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi strategi komunikasi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan dalam mempromosikan Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dengan lokasi penellitian di Jalan Jenderal Sudirman No. 76, kantor Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan Kalimantan Utara.
Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data kualitatif interaktif dari Miles, Huberman. Key informan dan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Tarakan, Seksi Bidang Promosi dan Pemasaran, serta Seksi Bidang Pengembangan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi yang telah dilakukan berjalan dengan baik. Namun hingga penghujung tahun 2016, jumlah pengunjung wisatawan domestik mengalami penurunan. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian dinas sebagai komunikator dalam mempromosikan KKMB melalui media sosial yang seharusnya menjadi fokus strategi kegiatan promosi mereka. Diharapkan untuk tahun selanjutnya promosi yang dilaksanakan lebih aktif dan kreatif agar jumlah pengunjung KKMB meningkat setiap tahunnya. - 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Komunikasi
- 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S; Inda Fitriyarini, S.Sos, M.Si
- 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08 November 2017
- 8. Type: Artikel
- 9. Identifier/ permalink [URL menuju konten di lembaga kontributor]: http://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=3247
- 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Articel