ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PT. MAHAKAM MEDIA GRAFIKA DI BALIKPAPAN (Eva Yuvita)

November 8, 2017
Filed under: Data Portal Mahasiswa S1 

Data Portal Mahasiswa S1

Submitted by: ,
On: Nov 8, 2017 @ 9:04 AM
IP: 125.160.46.72

  • 1. Title [Judul]: ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA PADA PT. MAHAKAM MEDIA GRAFIKA DI BALIKPAPAN
  • 2. Creator [Pengarang/ penulis]: Eva Yuvita
  • 3. Subject [Subjek dan kata kunci]: Pengendalian Kualitas, Six Sigma
  • 4. Description [Abstrak] : Tujuan penelitian untuk menganalisis tingkat kecacatan dan memecahkann persoalan kualitas yang terjadi saat ini untuk itu misi peningkatan kualitas menuju 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan untuk setiap produksi penting dilakukan, jadi Six sigma merupakan suatu metode yang merupakan terobosan baru untuk melaksanakan pengendalian dan peningkatan kualitas, dengan menggunakan metode Six sigma dapat diketahui bahwa kualitas koran yang dihasilkan cukup baik yaitu, 3,20 sigma pada tingkat kerusakan 44.679 atau 4,5% untuk sejuta produksi (DPMO) dengan target 3,4 DPMO atau 0,0034% kegagalan untuk sejuta kesempatan disetiap transaksi produk. Implementasi metode Six sigma disimpulkan bahwa dari tiga jenis kecacatan tertinggi yang terjadi yaitu, warna kabur (78%), tidak register (12%), dan terpotong (10%) disebabkan dua faktor utama, diantaranya faktor manusia dan faktor mesin. Penyebab kerusakan yang sering terjadi secara rinci perlu diketahui untuk dilaksanakan perbaikan pada intruksi kerja dan pengawasanya, langkah yang dapat diambil adalah pada faktor manusia perlu dilaksanakan pengawasan atas para pekerja dengan lebih ketat, memberikan pelatihan pada para pekerja dan membuat sistem penilaian kerja yang baru sedangkan pada faktor mesin perlu melakukan pengecekan kesiapan mesin, perawatan mesin secara berkala, dan segera mengganti komponen mesin rusak agar setiap aspek pada proses produksi dapat berjalan dengan baik.
  • 5. Publisher [Nama Lembaga Kontributor]: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
  • 6. Contributor [Pembimbing, promotor, ilustrator, produser, dll.] : Dr. M. Zaini, M. Si dan Adietya Arie H, S.Sos., M.AB
  • 7. Date [Tanggal / tahun penciptaan atau penerbitan]: 08 November 2017
  • 8. Type: Artikel
  • 10. Right [Contoh: CCL, MIT, Open Document, dll.]: Artikel

Loading